Saran Eks Manchester United untuk Haaland yang Pindah ke Man City: Turunkan Ego!

Yaumil Azis | 25 Mei 2022 04:28
Striker Borussia Dortmund Erling Haaland. (c) AP Photo

Bola.net - Erling Haaland akan menjalani musim perdananya di Inggris bersama Manchester City. Sebelum memulai, striker berdarah Norwegia tersebut mendapatkan wejangan penting dari eks Manchester United, Rio Ferdinand.

Nama Haaland sudah mulai dikenal publik pada musim 2019/20 lalu, ketika dirinya masih memperkuat Salzburg. Ia mencuri perhatian setelah menghasilkan 28 gol meski baru bermain sebanyak 22 kali di semua kompetisi.

Pencapaian tersebut membuat banyak klub papan atas jadi tertarik. Beberapa raksasa Eropa bersaing untuk mendapatkan tanda tangannya. Pada akhirnya, Borussia Dortmund berhasil merekrutnya seharga 20 juta euro.

Haaland kian mengganas di Dortmund. Ia menjalani debutnya sebagai pengganti kala Die Borussen menghadapi Augsburg di Bundesliga. Dalam kurun waktu 23 menit, ia mencetak hat-trick dan membantu Dortmund menang 5-3.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3 halaman

Jangan Berharap Terlalu Tinggi

2022 menjadi tahun di mana Haaland akan melanjutkan karier di klub lain. Ia harus naik kelas. Klausul rilis yang terdapat dalam kontraknya senilai 60 juta euro memudahkan dirinya untuk memilih klub tujuannya.

Haaland kemudian memilih Manchester City sebagai tempat untuk naik kelas. Bermain buat raksasa Inggris ini tergolong mudah, sebab Haaland bakal dibantu oleh pemain kreatif seperti Kevin de Bruyne dan Phil Foden.

Akan tetapi, publik harus menurunkan ekspektasinya terlebih dahulu. Ferdinand meyakini kalau penonton tak boleh langsung memasang ekspektasi terlalu tinggi. Ia memprediksi Haaland baru akan meledak musim depan.

"Mungkin akan ada periode jeda di mana kami takkan melihat Haaland yang diharapkan secepatnya," kata Ferdinand dalam kanal Youtube Vibe with FIVE.

2 dari 3 halaman

Haaland Harus Menekan Ego

Ferdinand melanjutkan pesannya kepada Haaland. Ia berharap pemain berusia 21 tahun tersebut tidak mengeluh saat situasi tidak berjalan seperti yang diharapkan. Ferdinand meminta Haaland untuk menekan egonya.

"Bagian terbesar dari itu adalah kerendahan hati pemain yang mengalami kesulitan. Mereka tidak mengeluh dan membuat keributan," tambah Ferdinand.

"Itulah di mana Haaland harus memainkan bagiannya jika situasi tidak berjalan dengan tepat. Menekan ego... gambaran besarnya adalah tidak mengganggu moral skuat."

3 dari 3 halaman

Berkaca dari Pengalaman Grealish

Ada banyak pemain Manchester City yang butuh waktu untuk beradaptasi. Menyesuaikan diri dengan strategi terapan Josep Guardiola tidaklah mudah. Bernardo Silva butuh waktu, begitu juga dengan Joao Cancelo. Dan Jack Grealish diprediksi baru akan bersinar musim depan.

"Dia [Grealish] memberitahu saya bahwa ada begitu banyak hal harus dipikirkan ketika memasuki sebuah tim yang dipersiapkan Pep Guardiola," Ferdinand melanjutkan.

"Anda memberinya waktu satu tahun, sekarang mungkin dia sudah lebih baik dalam memahaminya. Itulah kenapa musim depan kita akan melihat Jack yang kemampuannya kita tahu," pungkasnya.

(Vibe with FIVE via Metro.co.uk)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR