FOLLOW US:


Sekalinya Tampil Jadi Starter, Donny van de Beek Malah Kena Kritik

24-09-2021 04:08

 | Yaumil Azis

Sekalinya Tampil Jadi Starter, Donny van de Beek Malah Kena Kritik
Aksi Donny van de Beek ketika membela Manchester United dalam laga putaran ketiga Carabao Cup hari Kamis (23/9/2021). © Manchester United FC

Bola.net - Nasib Donny van de Beek di Manchester United semakin nelangsa. Sekalinya diberi kesempatan tampil sejak menit awal, gelandang asal Belanda tersebut malah mengundang kritikan dari publik.

Van de Beek didatangkan Manchester United dari raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, pada tahun 2020 lalu. Menurut catatan, ia mengantongi total 36 penampilan di semua kompetisi pada musim perdananya.

Sekilas, kiprah Van de Beek di Old Trafford tampak baik-baik saja. Namun yang menyedihkan adalah dia cuma bermain sebanyak empat kali di pentas Premier League, sisanya sebagai pengganti.

Pada Kamis (23/9/2021) dini hari, di mana Manchester United bertemu West Ham dalam ajang Carabao Cup, Van de Beek diberikan kesempatan tampil sejak menit awal. Sayang laga tersebut tidak berakhir dengan baik.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Buruk dalam Bertahan

Van de Beek tampil selama 90 menit dalam pertandingan yang berlangsung di Old Trafford tersebut. Sayangnya, Van de Beek tak mampu membantu Manchester United meraih kemenangan untuk bisa lolos ke babak berikutnya.

West Ham berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan tersebut dicetak Manuel Lanzini di menit ke-9. Dengan begitu, Manchester United dipastikan tersingkir.

Mirisnya, penampilan Van de Beek tidak memuaskan buat segelintir orang. Salah satunya datang dari mantan pelatih tim perempuan Manchester United, Casey Stoney, yang menyoroti kemampuan bertahannya.

"Cara bertahan yang buruk. Dia melihatnya [Lanzini]. Saya tidak tahu mengapa dia berpikir untuk mengejar bola. Dia cuma perlu tinggal untuk menjaga pemainnya," ujar Stoney kepada Sky Sports.

2 dari 2

Seharusnya Tetap Mengawal Lanzini

Kalau dilihat dalam proses terciptanya gol, Lanzini memang tidak terkawal di kotak penalti sebelum mendapatkan bola. Karena ruang tembak terbuka bebas, pria asal Argentina itu jadi leluasa untuk menjebol gawang David De Gea.

"Dia tertarik menuju ke bola, matanya mengarah ke bola, tidak memeriksa bahunya, hanya ada satu bola dari garis dan itu adalah operan ke belakang, itu bahaya jadi anda harusnya tetap menjaga pemain dan menyadari ancaman," kata Stoney lagi.

Secara keseluruhan, Van de Beek bukanlah salah satu pemain yang menonjol di laga itu. Jadi, besar kemungkinan ia bakal kembali menduduki bangku cadangan ketika the Red Devils menjalani laga Premier League akhir pekan ini.

(Sky Sports)