Selain Dihajar Brentford, Inilah 10 Kekalahan Paling Memalukan MU Sejak Kepergian Sir Alex Ferguson

Ari Prayoga | 16 Agustus 2022 08:28
Pemain Manchester United Bruno Fernandes dan Cristiano Ronaldo pada laga kontra Brentford di Gtech Community Stadium, Sabtu (13/8/2022) malam WIB. (c) AP Photo

Bola.net - Manchester United harus menyerah dengan skor 0-4 dari Brentford, Sabtu (13/8/2022) kemarin. Ini jelas menjadi salah satu kekalahan paling memalukan sepanjang Setan Merah.

Bertandang ke Brentford Community Stadium dalam laga Premier League yang tayang di Vidio, SCTV, dan O Channel, Manchester United sudah harus tertinggal kala pertandingan baru berjalan 10 menit.

Secara tragis, Manchester United kebobolan tiga gol tambahan hingga menit ke-35. Hasil ini pun tak berubah di babak kedua dan menjadi skor akhir di penghujung pertandingan.

Kekalahan tragis ini membuat Manchester United untuk sementara terbenam di dasar klasemen Premier League, setelah di pekan pertama juga kalah 1-2 dari Brighton.

Menukil Daily Mail, Bola.net mengajak Bolaneters untuk mengenang kembali 10 kekalahan paling memalukan Manchester United lainnya sejak ditinggal pergi sang manajer legendaris, Sir Alex Ferguson pada 2013 silam.

1 dari 11 halaman

Manchester City 4-1 Manchester United, 22 September 2013

Sergio Aguero (c) MCFC

Saat itu, David Moyes menjalani musim debutnya sebagai pengganti Ferguson. Sayang, derby Manchester pertama Moyes berakhir menyakitkan.

Manchester United harus kebobolan empat gol dari sang tetangga dalam 50 menit pertama jalannya pertandingan. Setan Merah baru bisa mencetak gol hiburan lewat aksi Wayne Rooney di menit ke-87.

Pada musim 2013/14 itu, Manchester City akhirnya keluar sebagai juara setelah memenangi persaingan ketat dengan Liverpool.

2 dari 11 halaman

Olympiakos 2-0 Manchester United, 25 Februari 2014

David Moyes (c) AFP

Kekalahan dalam partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions di markas Olympiakos ini lagi-lagi terjadi saat Manchester United masih ditangani Moyes.

Manchester United terbilang tampil sangat buruk. Sepanjang 90 menit, Rooney cs hanya mampu melepas satu tembakan tepat sasaran.

Manchester United sendiri akhirnya berhasil membalikkan keadaan dengan menang 3-0 dalam partai leg kedua di Old Trafford, untuk kemudian disingkirkan Bayern Munchen di perempat final.

3 dari 11 halaman

MK Dons 4-0 Manchester United, 26 Agustus 2014

Louis Van Gaal (c) MUFC

Pada laga putaran kedua Piala Liga ini, posisi manajer Manchester United sudah berganti ke Louis van Gaal. Ini merupakan laga resmi ketiga Van Gaal menukangi Setan Merah.

Pria asal Belanda itu memutuskan untuk menurunkan tim lapis kedua di kandang MK Dons. Sayang, keputusan ini justru menjadi bumerang. Manchester United menyerah empat gol tanpa balas.

Tak cuma kalah di putaran kedua Piala Liga untuk kali pertama dalam 19 tahun, Manchester United juga kalah dari MK Dons yang baru berdiri kurang dari 10 tahun.

4 dari 11 halaman

Midtjylland 2-1 Manchester United, 18 Februari 2016

Louis van Gaal (c) AFP

Pada laga babak 32 besar Liga Europa ini, Manchester United masih ditangani Van Gaal. Secara mengejutkan, Setan Merah harus menyerah 1-2 dari tuan rumah.

Satu fakta yang membuat kekalahan ini terasa memalukan adalah bahwa Midtjylland menjalani laga pertama setelah sempat libur musim dingin selama lebih dari dua bulan.

Manchester United sendiri menang 5-1 di leg kedua dan lolos ke 16 besar di mana mereka disingkirkan Liverpool.

5 dari 11 halaman

Chelsea 4-0 Manchester United, 23 Oktober 2016

Jose Mourinho (c) AFP

Kali ini Manchester United sudah dibesut oleh Jose Mourinho. Namun, kembalinya The Special One ke Stamford Bridge sebagai musuh justru berakhir menjadi bencana.

United sudah harus kebobolan kala laga baru berjalan semenit akibat gol Pedro. Gary Cahill, Eden Hazard, dan N'Golo Kante masing-masing mencetak satu gol untuk menambah penderitan Setan Merah.

Ini merupakan kekalahan dengan margin terbesar yang diderita Mourinho sepanjang kariernya melatih di Premier League, setidaknya hingga waktu tersebut.

6 dari 11 halaman

Everton 4-0 Manchester United, 21 April 2019

Gelandang MU Nemanja Matic berduel udara dengan bek Everton, Kurt Zouma. (c) PA

Manchester United benar-benar dibuat tak berdaya di markas Everton. Setan Merah yang kala itu dibesut Ole Gunnar Solskjaer harus pulang dengan tangan hampa.

Parahnya, saat itu hasil ini merupakan kekalahan keenam Manchester United dalam delapan pertandingan.

Solskjaer pun meminta maaf kepada fans Manchester United atas hasil memalukan di kandang Everton tersebut.

7 dari 11 halaman

Manchester United 1-6 Tottenham, 4 Oktober 2020

Premier League, Manchester United 1-6 Tottenham (c) AP Photo

Solskjaer mengalami hari terburuknya selama menjadi manajer United kala timnya dihajar 1-6 di Old Trafford oleh Tottenham yang saat itu ditangani Mourinho.

Manchester United sejatinya sempat unggul lebih dahulu lewat penalti Bruno Fernandes. Namun, Spurs mencetak dua gol untuk membalikkan keadaan.

Kartu merah Anthony Martial pada menit ke-28 mengubah segalanya. Spurs mencetak empat gol tambahan untuk membuat United merasakan salah satu kekalahan kandang terbesar dalam sejarah mereka.

8 dari 11 halaman

Manchester United 0-5 Liverpool, 24 Oktober 2021

Aksi Mohamed Salah menjebol gawang David de Gea di laga Manchester United vs Liverpool di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) malam WIB. (c) PA via AP Photo

Dua tim menjemput laga ini dengan modal berbalik 180 derajat. Manchester United tengah menjalani musim yang inkonsisten, sedangkan The Reds sedang bagus-bagusnya.

Benar saja, Manchester United benar-benar jadi sasaran empuk Liverpool. Bahkan, tuan rumah sudah harus tertinggal 0-4 dari sang rival abadi saat jeda turun minum.

Mohamed Salah mencetak gol di menit ke-50 untuk melengkapi kemenangan Liverpool menjadi 5-0 sekaligus menjadi pemain The Reds pertama yang mencetak hat-trick di Old Trafford sejak Fred Howe pada 1936.

9 dari 11 halaman

Watford 4-1 Manchester United, 20 November 2021

Scott McTominay menjatuhkan Joshua King pada laga Manchester United melawan Watford di pekan ke-12 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Pada laga ini, Solskjaer mencapai titik nadirnya. Berharap tim asuhannya tampil bagus, Ole justru merasakan kekecewaan setelah timnya dihajar 1-4 oleh Watford.

Menariknya, Manchester United saat itu kalah dari Watford yang tengah berjuang di papan bawah dan akhirnya terdegradasi di akhir musim.

Sehari setelah kekalahan memalukan ini, Manchester United akhirnya memutuskan untuk memecat Solskjaer dari kursi manajer.

10 dari 11 halaman

Brighton 4-0 Manchester United, 7 Mei 2022

Brighton mengalahkan Manchester United 4-0 di Premier League 2021/22 (c) AP Photo

Ralf Rangnick yang diharapkan bisa membawa kebangkitan di Manchester United ternyata juga gagal total. Performa Setan Merah di bawah asuhan pria Jerman itu masih inkonsisten.

United pun bertandang ke markas Brighton pada laga pekan ke-37 dengan memilliki peluang lolos ke Liga Champions yang sangat tipis. Kans itu pun akhirnya sirna.

Manchester United kebobolan empat gol hingga laga berlangsung selama satu jam. United pun harus puas mengakhiri musim di peringkat keenam.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR