Selain Manchester City, Erling Haaland Sempat Punya Enam Opsi Klub Lain, Klub Apa Saja?

Abdi Rafi Akmal | 30 September 2022 13:20
Striker Manchester City, Erling Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City tidak membeli seorang penyerang pada bursa transfer musim panas 2022. Manchester City membeli seorang ‘monster’ bernama Erling Haaland.

Istilah monster itu rasanya tidak berlebihan apabila melihat pencapaian Haaland di awal perjalanannya bersama Man City. Hanya dalam 10 pertandingan, pemain berusia 22 tahun itu sudah mencetak 14 gol.

Maka tidak salah jika menyebut bahwa Man City beruntung mendapatkan Haaland. Selain karena performanya yang benar-benar seperti monster, Haaland rupanya sempat didekati enam klub top lain di Eropa.

Klub-klub tersebut bukannya tidak punya kekuatan finansial. Beberapa di antaranya bahkan bisa saja memberikan tawaran yang lebih besar dari yang diberikan Man City saat ini.

1 dari 4 halaman

Empat Tim Teratas

Para pemain Manchester City, Phil Foden (kiri), Erling Haaland, dan Kevin de Bruyne, merayakan gol ke gawang Wolverhampton pada pekan ke-7 Liga Inggris 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam WIB. (c) AP P

Tapi pada akhirnya, Haaland memilih Man City. Pemilihan ini pun tidak asal dan sudah diperkirakan dengan baik sebelumnya.

Sebab, Haaland sudah berhitung dengan cermat soal klub pilihannya. Selain Man City, ada pula Bayern Munchen, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain yang ada di empat tim pilihan teratas.

“Dalam daftar kami, saya pikir Man City adalah tim terbaik untuk Haaland. Bayern Munchen di posisi kedua. Lalu kami punya Real Madrid di nomor tiga. Kemudian Paris Saint-Germain berada di nomor empat,” ungkap agen sekaligus ayah Haaland, Alf Inge Haaland seperti dilansir dari The Times.

2 dari 4 halaman

Tiga Tim Lain

Selebrasi Erling Haaland usai mencetak gol untuk Manchester City (c) AP Photo

Laporan yang sama menjelaskan bahwa Haaland didekati tiga tim lain. Total ada tujuh tim yang coba mendekati Haaland pada akhir Februari 2022 lalu.

Tiga tim ini tidak masuk prioritas seperti empat tim sebelumnya. Menurut ayahnya, tiga tim ini punya posisi yang setara.

“Kami juga punya tawaran dari tim Inggris lainnya yang sebenarnya cukup bagus, yaitu Liverpool dan Chelsea. Ada juga Barcelona. Tapi tiga tim ini berada dalam level yang sama,” ungkap dia.

3 dari 4 halaman

Empat Panduan

Selebrasi Erling Haaland usai membobol gawang Aston Villa, Sabtu (3/9/2022) (c) AP Photo

Selain itu, Haaland dan ayahnya sudah punya empat panduan untuk memilih klub di antara ketujuh tim tersebut. Panduan tersebut dibeberkan dalam sebuah film dokumenter di Norwegia yang berjudul, “Haaland - The Big Decision”.

Panduan pertama adalah melihat dari para peminat tersebut yang sangat memerlukan seorang pemain nomor 9. Selanjutnya dilanjutkan pada panduan kedua soal gaya main tim.

Panduan ketiga dan keempat cukup menarik. Sebab, Haaland juga memperhitungkan soal sejarah klub dan kapasitas stadion.

Sumber: The Times

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR