FOLLOW US:


Seperti Ini Nasib Sejumlah Pemain Manchester United yang Hengkang di Bawah Asuhan David Moyes

16-04-2020 16:46

 | Dimas Ardi Prasetya

Seperti Ini Nasib Sejumlah Pemain Manchester United yang Hengkang di Bawah Asuhan David Moyes
David Moyes © AFP

Bola.net - Ada sekitar lima pemain yang hengkang dari Manchester United di saat klub tersebut ditangani oleh David Moyes.

Sir Alex Ferguson pensiun pada tahun 2013 silam. Ia kemudian menunjuk Moyes untuk menjadi suksesornya.

Saat itu Moyes masih menangani Everton. United mengumumkan penunjukannya pada Mei 2013.

United langsung memberikan kontrak berdurasi enam tahun kepada manajer asal Skotlandia tersebut. Moyes sempat menunjukkan start yang bagus.

Ia membawa United memenangi FA Community Shield melawan Wigan Athletic. Namun setelah itu prestasi Setan Merah tidak membaik.

Moyes akhirnya didepak pada April 2014. Total Moyes hanya menangani Setan Merah selama sekitar 10 bulan saja, yang merupakan masa manajerial terpendek dalam 82 tahun.

Selama masa kepemimpinan David Moyes, ada lima pemain yang diizinkan untuk hengkang dari Manchester United. Siapa saja mereka dan bagaimana nasibnya sekarang?

Simak informasinya di bawah ini Bolaneters.

1 dari 5

Mats Moller Daehli

Daehli menandatangani kontrak profesional dengan Manchester United pada hari ulang tahunnya yang ke-17 pada tahun 2012. Ia sempat mencatatkan 23 caps untuk tim internasional Norwegia, tapi ia tidak pernah tampil di tim utama United di Old Trafford.

Ia sempat memenangkan penghargaan Pemain Muda Jimmy Murphy pada akhir musim perdananya untuk Setan Merah. Ia juga menjadi bintang di level cadangan.

Hanya beberapa hari memasuki setelah Moyes datang pada Juli 2013, ia dijual dengan kontrak permanen ke Molde - yang kemudian dikelola oleh bos United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer.

Daehli akan mengikuti Solskjaer ke Cardiff enam bulan kemudian tetapi waktunya di ibukota Wales itu singkat. Ia bermain untuk Freiburg dan St. Pauli di Jerman, sebelum menandatangani kontrak dengan klub Belgia Genk tahun 2020 ini.

2 dari 5

Scott Wootton

Mantan pemain timnas Inggris U-17 ini pindah dari akademi Liverpool untuk United setelah tampil untuk tim U-18 klub Merseyside saat ia baru berusia 14 tahun. Ia kemudian menjadi kapten tim akademi pada 2009-10 dan menjadi pemain cadangan reguler sebagai di tahun berikutnya.

Ia sempat dipinjamkan ke Tranmere, Peterborough dan Nottingham Forest, tetapi ia sempat tampil empat kali untuk United di musim 2012-13. Ini termasuk penampilan Liga Champions melawan Cluj dan dua penampilan di Piala Liga - meskipun ia kebobolan penalti saat kalah 5-4 di Chelsea pada Oktober 2012.

Wootton bergabung dengan Leeds dengan kesepakatan satu juta euro pada musim panas 2013. Ia sempat membuat 74 penampilan selama tiga musim, kemudian menghabiskan dua tahun di Milton Keynes Dons sebelum bergabung dengan Plymouth pada 2018.

3 dari 5

Fabio da Silva

Bersama saudara kembarnya Rafael, Fabio memulai kariernya dengan Fluminense di negara asalnya, Brasil. Duo pemain kembar ini kemudian bergabung dengan United pada 2007. Tidak seperti Rafael, yang paling sering ditempatkan di sisi kanan di lini belakang, Fabio yang sering ditempatkan di sisi kiri justru kesulitan untuk bisa mendapatkan tempatnya di skuat United.

Namun, Fabio jadi starter saat MU kalah di final Liga Champions 2011 melawan Barcelona dan memenangkan dua caps senior untuk tim nasional Brasil tahun itu. Tapi ia kemudian dikirim ke Queen's Park Rangers dengan status pinjaman selama musim 2012/13.

Ia sempat membuat tiga penampilan di bawah Moyes tetapi nasibnya tersegel oleh bencana di Piala FA di mana MU kalah dari Swansea di Babak Ketiga. Dengan skor imbang 1-1, Fabio diperkenalkan sebagai pemain pengganti pada menit ke-76 untuk Rio Ferdinand tetapi tiga menit kemudian dikeluarkan dari lapangan karena tekel yang ceroboh pada Jose Canas.

Seperti Daehli, Fabio diizinkan untuk bergabung dengan Cardiff pada Januari 2014 dan ia membuat 68 penampilan untuk klub sebelum bergabung dengan Middlesbrough pada 2016. Setelah dua musim sebagai pemain tim inti reguler di Teesside, ia pindah ke tim Ligue 1 Nantes dengan kontrak tiga tahun pada musim panas 2018.

4 dari 5

Ryan Tunnicliffe

Ia mengubah statusnya sebagai pemain profesional di United pada Desember 2009 dan membantu timnya meraih gelar Piala FA Youth pada 2011 - trofi terbaru klub di level itu - dan memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik Jimmy Murphy.

Bersama dengan Wootton, ia bergabung dengan Peterborough dengan status pinjaman pada tahun 2011 sebelum kembali untuk kembali berkembang di tim cadangan United. Tunnicliffe melakukan debut seniornya dalam kemenangan Piala Liga atas Newcastle pada September 2012, membantu seorang kerabat memenangkan 10.000 pounds dari taruhan 10 tahun sebelumnya bahwa ia akan bermain untuk tim senior klub.

Ia pernah sekalijadi kapten tim Inggris U-14 dan mencapai level U-17, ia menghabiskan paruh pertama musim 2013-14 dengan status pinjaman di Ipswich tetapi dijual secara permanen ke Fulham di akhir jendela transfer Januari. Ia membuat 65 penampilan tim utama untuk klub London Barat tersebut dan telah berada di divisi Championship sejak di Blackburn, Wigan, Millwall dan Luton Town.

5 dari 5

Larnell Cole

Penampilan tunggal Cole untuk tim utama United datang sebagai pengganti dalam kemenangan 3-0 di Piala Liga di Leeds pada September 2011 setelah membintangi tim-tim yunior. Ia sempat mencetak hat-trick yang mencolok melawan rival Manchester City dalam kemenangan 6-1 di Liga Premier Academy dan berpengaruh dalam kemenangan Piala FA Youth 2011.

Cole sekali lagi menonjol untuk tim U-21 pada 2013, mencetak hat-trick di semi-final Premier League U-21 melawan Liverpool. Ia kemudian mencetak dua gol lagi melawan Tottenham di final.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini kemudian pindah ke Fulham bersama Tunnicliffe tetapi hanya tampil sekali di tim utama - ironisnya melawan United saat bermain imbang 2-2 di Old Trafford, di mana ia tampil sebagai pemain pengganti pada menit ke-80. Baik dirinya dan Tunnicliffe direkrut oleh mantan pelatih United Rene Meulensteen tetapi mereka dianggap surplus untuk oleh penggantinya, Felix Magath.

Cole sempat dipinjamkan ke Milton Keynes Dons, Shrewsbury Town dan Inverness Caledonian Thistle sebelum bergabung dengan Tranmere secara permanen pada 2017. Ia meninggalkan klub awal tahun ini dan bergabung dengan FC United of Manchester.

(Manchester Evening News)