FOLLOW US:


Terlalu Sering Menyundul Bola, Shearer Cemaskan Kondisi Otaknya

08-11-2017 15:25

 | Alan Shearer

Terlalu Sering Menyundul Bola, Shearer Cemaskan Kondisi Otaknya
Alan Shearer © ist

Bola.net - Penyerang legendaris Inggris, Alan Shearer mengatakan bahwa dia takut dan khawatir dengan resiko mengalami demensia atau penurunan kinerja otak akibat terlalu sering melakukan sundulan selama karir sepakbolanya.

Sosok yang kini berusia 47 tahun tersebut adalah pemegang rekor 260 gol di Premier League dan menikmati karir sepakbolanya selama 18 tahun bersama Southampton, Blackburn Rovers dan juga Newcastle United.

Selain itu, dia juga mencetak 30 gol dalam 63 penampilannya untuk timnas Inggris. Dan baru-baru ini Shearer mengungkapkan kekhawatirannya soal kondisi kesehatannya, terutama kondisi otaknya.

"Dari satu gol yang saya cetak melalui sundulan saat bertanding, saya harus melatihnya sebanyak seribu kali di sesi latihan. Itulah yang bisa membawa saya mengalami resiko demensia, jika memang ada hubungannya," ungkap Shearer kepada Daily Mirror.

Demensia adalah suatu kondisi di mana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Kondisi ini dapat ditandai dengan keadaan seseorang sering lupa akan sesuatu, keliru, adanya perubahan kepribadian, dan emosi yang naik-turun atau labil.

"Itu membuat saya cukup takut. Saya memiliki ingatan yang buruk. Saya tak tahu bila ini adalah karena saya tak mendengar atau yang lain, tapi saya memiliki ingatan yang buruk," sambungnya.

"Ketika anda bermain sepakbola sebagai seorang profesional anda berpikir akan mengalami masalah dengan lutut, engkel atau punggung, seperti yang saya rasakan. Tapi tak pernah berpikir jika bermain sepakbola juga terhubung dengan kerusakan otak. Karena itulah penelitian harus dilakukan," tandasnya.