Termasuk Gabriel Jesus, Ini 5 Transfer yang Libatkan Arsenal dan Manchester City

Serafin Unus Pasi | 4 Juli 2022 21:09
Gabriel Jesus ketika dikenalkan sebagai pemain baru Arsenal (c) Arsenal

Bola.net - Arsenal resmi mendapatkan tanda tangan Gabriel Jesus. Penyerang asal Brasil tersebut didatangkan dari Manchester City dengan mahar sebesar 45 juta paun atau setara 52,26 euro.

Gabriel Jesus diikat dengan kontrak jangka panjang oleh Arsenal yakni selama 5 tahun. Kontraknya bersama The Gunners baru akan berakhir pada 30 Juni 2027 mendatang.

Kehadiran Gabriel Jesus diyakini akan menambah daya gedor Arsenal musim depan. Dia telah membantu Manchester City meraih 4 trofi Premier League dan sejumlah gelar domestik lainnya.

Gabriel Jesus juga meneruskan tradisi transfer yang melibatkan kedua klub. Sebelumnya, sudah ada beberapa transfer yang melibatkan Arsenal dan Manchester City.

Berikut 5 pemain yang pernah berpindah dari Manchester City ke Arsenal maupun sebaliknya. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Tommy Caton

Pemain bernama lengkap Thomas Stephen Caton bergabung dengan Arsenal pada 1 Desember 1983. Dia didatangkan The Gunners dari Manchester City.

Tommy Caton membela Arsenal selama empat musim hingga tahun 1987. Setelah itu, dia melanjutkan kariernya dengan Oxford United yang saat ini bermain di divisi ketiga Liga Inggris.

Namun, karier pemain yang merupakan jebolan akademi Manchester City itu tidak panjang. Serangan jantung merenggut nyawanya ketika usianya memasuki 30 tahun.

2 dari 5 halaman

Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor (c) AFP

Emmanuel Adebayor didatangkan Manchester City dari Arsenal pada 18 Juli 2009. The Citizens harus mengeluarkan dana sebesar 29 euro untuk memboyongnya ke Etihad Stadium.

Mantan pemain Timnas Togo tersebut sempat tampil mengesankan bersama Arsenal pada musim 2007/2008. Dia mencetak 24 gol di Premier League dari 36 penampilannya.

Akan tetapi, setelah dua musim diberi kesempatan, Emmanuel Adebayor lebih sering dipinjamkan. Real Madrid dan Tottenham Hotspur yang pernah menggunakan jasanya.

3 dari 5 halaman

Samir Nasri

Samir Nasri (c) AFP

Samir Nasri juga merupakan pemain Arsenal yang bergabung dengan Manchester City. Dia dilepas The Gunners dengan mahar 27,50 juta euro pada 24 Agustus 2011.

Arsenal mendapatkan keuntungan besar 11,5 juta dollar dari penjualan gelandang serang asal Prancis tersebut. Sebab, The Gunners mendapatkannya dari Marseille dengan harga 16 juta euro.

Setelah membela Arsenal dan Manchester City, Samir Nasri sempat bergabung dengan Antalyaspor, West Ham dan RSC Anderlecht. Dia pensiun 26 September 2021 dengan status tanpa klub.

4 dari 5 halaman

Kolo Toure

Kolo Toure (c) AFP

Kolo Toure bergabung dengan Arsenal pada tahun 2002. Lalu, dia dijual ke Manchester City pada 28 Juli 2009 dengan harga sebesar 18,7 juta euro.

Saudara kandung Yaya Toure tersebut berada di Etihad Stadium selama 5 tahun. Setelah itu, dia bergabung ke Liverpool secara gratis pada tahun 2013.

Bersama Arsenal dan Manchester City, Kolo Toure pernah merasakan gelar Liga Inggris. Dia juga merengkuh trofi Piala FA dan Community Shield.

5 dari 5 halaman

Gabriel Jesus

Gabriel Jesus dikenalkan sebagai pemain baru Arsenal (c) Arsenal

Gabriel Jesus resmi bergabung dengan Arsenal terhitung mulai tanggal 4 Juli 2022. Dia didatangkan dari Manchester City dengan harga kurang lebih 52,26 juta euro.

Penyerang asal Brasil tersebut dilego ke Arsenal setelah membela Manchester City sejak tahun 2017. The Gunners menjadi tim Inggris kedua yang dibelanya.

Selama kurang lebih lima musim membela The Citizen, Gabriel Jesus memberi kontribusi yang cukup besar. Dia mencetak 95 gol dan 46 assist dari 233 penampilannya di semua ajang.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR