Termasuk Romelu Lukaku, Ini 5 Rekrutan Termahal Chelsea Sebelum Wesley Fofana

Ari Prayoga | 5 Agustus 2022 13:23
Bek tengah Leicester City, Wesley Fofana. (c) LCFC

Bola.net - Chelsea terus berusaha menambah amunisi mereka pada bursa transfer musim panas 2022/2023. Kali ini, The Blues dikabarkan sedang berusaha memboyong Wesley Fofana.

Fofana didatangkan untuk menambah kokoh benteng pertahanan Chelsea. Pasalnya, Chelsea baru saja kehilangan dua pilar lini belakang mereka pada bursa transfer ini. Dua pemain tersebut adalah Antonio Rudiger dan Andreas Christensen.

Namun, upaya Chelsea mendatangkan Fofana tak mudah kendati pemain asal Prancis tersebut mengisyaratkan keinginannya untuk hijrah ke London. L'Equipe mengabarkan bahwa Leicester City menampik tawaran senilai 75 juta euro yang diajukan Chelsea beberapa waktu lalu. Chelsea sendiri tak patah arang dan dikabarkan akan mengajukan tawaran lagi, kali ini senilai 95 juta euro.

Jika tawaran Chelsea ini diterima, Fofana akan mencatatkan namanya dalam sejarah Chelsea. Ia akan menjadi salah satu rekrutan termahal The Blues.

Tentu, Fofana bukan satu-satunya pemain yang direkrut Chelsea dengan mahar selangit. Selain pemain 21 tahun tersebut, ada sejumlah pemain lain yang juga membuat Chelsea harus merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk mendatangkan mereka.

Siapa saja para rekrutan termahal Chelsea sebelum Fofana? Berikut lima orang di antara mereka.

1 dari 5 halaman

Christian Pulisic - 64 juta euro

Winger Chelsea, Christian Pulisic (c) Chelsea

Di peringkat kelima dalam daftar lima rekrutan termahal Chelsea ada nama Christian Pulisic. Chelsea harus merogoh kocek sebesar 64 juta euro untuk merekrut winger asal Amerika Serikat tersebut.

Pulisic direkrut Chelsea dari Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin 2018/2019. Setelah direkrut, Pulisic dipinjamkan ke klub asal Jerman tersebut sampai musim 2018/2019 berakhir.

Tiga musim memperkuat Chelsea, Pulisic menjadi salah satu andalan lini serang The Blues. Ia sempat tampil dalam 115 laga bersama Chelsea. Dalam 7.007 menit bermain, ia mencetak 25 gol dan 19 assist.

Pulisic merupakan bagian dari skuad Chelsea kala mereka memenangi gelar juara Liga Champions musim 2020/202 dan Piala Super UEFA 2021/2022. Selain itu, ia juga menjadi bagian skuad The Blues kala mereka memenangi trofi Piala Dunia Antarklub 2022 lalu.

2 dari 5 halaman

Alvaro Morata - 66 juta euro

Alvaro Morata (c) CFC

Di urutan keempat dalam daftar lima rekrutan termahal Chelsea ada nama Alvaro Morata. Penyerang asal Spanyol tersebut dipinang The Blues dengan mahar sebesar 66 juta euro.

Morata direkrut dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2017/2018. Sepanjang memperkuat Chelsea, Morata hanya sempat semusim setengah berseragam The Blues. Sementara, sisanya dihabiskan Morata di Atletico Madrid dengan status pinjaman

Sepanjang memperkuat Chelsea, Morata sempat tampil dalam 72 laga di semua ajang. Pemain yang kini memperkuat Atletico Madrid tersebut mencetak 24 gol dan enam assist sepanjang 4.292 menit bermain.

Bersama Chelsea, Morata sempat meraih satu trofi juara Piala FA dan satu trofi juara Liga Europa.

3 dari 5 halaman

Kepa Arrizabalaga - 80 juta euro

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. (c) Chelsea FC

Kepa menempati posisi tiga dalam daftar lima rekrutan termahal Chelsea. Kiper asal Spanyol tersebut direkrut Chelsea dengan nilai transfer sebesar 80 juta euro.

Pada 8 Agustus 2018, Kepa direkrut dari Athletic Bilbao. Waktu itu, usia Kepa masih menginjak 23 tahun.

Sempat menjadi kiper andalan Chelsea, Kepa akhirnya kehilangan posisi inti di bawah mistar gawang The Blues. Bahkan, musim lalu, ia hanya sempat tampil 15 kali di semua ajang.

Sampai saat ini, Kepa bermain dalam 124 laga bersama Chelsea. Selain mencatatkan 47 clean sheet, ia juga kebobolan 130 gol sepanjang berseragam The Blues.

Pada bursa transfer musim ini, Kepa dikabarkan bakal meninggalkan Chelsea untuk mencari kesempatan bermain lebih banyak. Ia dikabarkan bakal bergabung dengan klub Serie A, Napoli.

4 dari 5 halaman

Kai Havertz - 80 juta euro

Ekspresi kekecewaan Kai Havertz, penyerang Chelsea (c) AP Photo

Di peringkat kedua dalam daftar lima rekrutan termahal Chelsea ada nama Kai Havertz. Gelandang serang asal Jerman tersebut direkrut Chelsea dengan mahar sebesar 80 juta euro.

Havertz diboyong pada 4 September 2020. Ia berusia 21 tahun kala diboyong dari klub Bundesliga, Bayer Leverkusen.

Berseragam The Blues selama dua musim ini, Havertz menjadi salah satu pilihan utama di lini tengah. Sejauh ini, ia mencetak 23 gol dan 14 assist untuk Chelsea.

Havertz merupakan salah satu komponen Chelsea saat mereka meraih trofi Liga Champions 2020/2021, Piala Super UEFA 2021/2022, dan Piala Dunia Antarklub 2022.

5 dari 5 halaman

Romelu Lukaku - 113 juta euro

Romelu Lukaku (c) AP Photo

Romelu Lukaku menempati posisi puncak dalam daftar lima rekrutan termahal Chelsea. Chelsea harus menguras rekening mereka sebesar 113 juta euro untuk 'memulangkan' penyerang asal Belgia tersebut.

Lukaku kembali bergabung dengan Chelsea pada awal musim 2021/2022 lalu. Ia diboyong dari Inter Milan, setelah membawa klub tersebut menjadi kampiun Serie A Italia.

Namun, bersama Chelsea, penampilan Lukaku jauh panggang dari api. Ia justru melempem ketika memperkuat klub tersebut.

Dalam 43 pertandingan di semua ajang musim lalu, Lukaku hanya mampu mencetak 15 gol dan dua assist. Bandingkan dengan musim sebelumnya ketika ia mampu mencetak 30 gol dan sepuluh assist dalam 44 penampilannya bersama Inter Milan.

Lukaku sendiri saat ini dikembalikan ke Inter Milan dengan status pinjaman. Ia dipinjamkan ke klub tersebut selama musim 2022/2023.

Sumber: Transfermarkt dan Whoscored

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR