FOLLOW US:


Termasuk Ryan Giggs, Ini Empat Top Skorer Manchester United ke Gawang West Ham di Piala FA

09-02-2021 13:21

 | Gia Yuda Pradana

Termasuk Ryan Giggs, Ini Empat Top Skorer Manchester United ke Gawang West Ham di Piala FA
Ryan Giggs © Bola.net

Bola.net - Manchester United bakal menjamu West Ham pada Babak 16 Besar Piala FA 2020/2021. Laga ini akan digelar di Old Trafford, Rabu (10/02) dini hari.

Pertandingan ini akan menjadi laga ke-13 kedua tim tersebut pada ajang Piala FA. Menurut laman Worldfootball, pertemuan pertama kedua tim ini terjadi pada Babak 16 Besar Piala FA 1910/1911 silam. Dalam laga yang dihelat di Boleyn Ground, 25 Februari 1911 tersebut, West Ham mengalahkan United dengan skor 2-1. Laga ini sekaligus merupakan pertama kalinya kedua klub tersebut di semua ajang.

Sepanjang sejarah pertemuan di ajang Piala FA, sudah 36 gol tercipta. United sudah 21 kali membobol gawang West Ham. Sementara itu, The Hammers sudah 15 kali mencetak gol ke gawang Setan Merah.

Dari 21 gol ke gawang West Ham, ada sejumlah pemain United yang paling banyak mencetak gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA. Siapa saja para pemain tersebut? Berikut empat di antaranya.

1 dari 4

Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy
Ruud van Nistelrooy © AFP

Peringkat keempat dalam daftar empat pemain United yang paling banyak mencetak gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA ditempati Ruud van Nistelrooy. Selama memperkuat Manchester United di ajang Piala FA, Van Nistelrooy sempat dua kali membobol gawang West Ham.

Dua gol ini dicetak penyerang asal Belanda tersebut dalam satu pertandingan. Pada laga Putaran Keempat Piala FA musim 2002/2003 ini, United menang setengah lusin gol tanpa balas.

2 dari 4

Ryan Giggs

Ryan Giggs
Ryan Giggs © AFP

Ryan Giggs menempati posisi tiga dalam daftar empat pemain United yang paling banyak mencetak gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA. Selama membela panji Setan Merah di ajang Piala FA, Giggs sempat dua kali membobol gawang West Ham.

Giggs mencetak dua gol tersebut dalam satu pertandingan. Sama seperti Van Nistelrooy, dua gol Giggs ini juga dicetaknya pada laga Putaran Keempat Piala FA musim 2002/2003. Dalam laga tersebut, United sukses menggelontor gawang The Hammers enam gol tanpa balas.

3 dari 4

Frank Stapleton

Peringkat kedua dalam daftar empat pemain United yang paling banyak mencetak gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA ditempati oleh Frank Stapleton. Selama berseragam United, Stapleton sempat mencetak dua gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA.

Berbeda dengan Ruud van Nistelrooy dan Ryan Giggs, Stapleton mencetak dua golnya ini dalam dua laga berbeda.

Gol pertamanya ia cetak pada musim 1982/1983. Waktu itu, bersama Steve Coppell, ia membawa Setan Merah dengan skor 2-0.

Kemudian, gol kedua Stapleton dicetaknya pada musim 1985/1986. Waktu itu, ia membantu United bermain imbang 1-1 dengan The Hammers.

4 dari 4

Norman Whiteside

Puncak daftar empat pemain United yang paling banyak mencetak gol ke gawang West Ham di ajang Piala FA ditempati oleh Norman Whiteside. Selama membela panji Setan Merah di ajang Piala FA, ia mencetak tiga gol ke gawang The Hammers.

Whiteside mencetak tiga golnya tersebut dalam satu pertandingan. Ia mencetak hat-trick pada laga Perempat Final Piala FA musim 1984/1985.

Dalam laga yang dihelat di Old Trafford, 9 Maret 1985 tersebut, United menang dengan skor 4-2. Selain trigol Whiteside, gol kemenangan United pada laga tersebut juga disumbangkan Mark Hughes. Sementara, dua gol West Ham dicetak melalui bunuh diri Graeme Hogg dan Paul Allen.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)