FOLLOW US:


Termasuk Young, Ini Lima Pemain yang Pernah Berseragam Manchester United dan Watford

08-01-2021 12:21

 | Gia Yuda Pradana

Termasuk Young, Ini Lima Pemain yang Pernah Berseragam Manchester United dan Watford
Ashley Young di Manchester United musim 2019/20 © AP Photo

Bola.net - Manchester United dan Watford, yang akan bertemu pada putaran ketiga Piala FA musim 2020/2021 ini, merupakan dua tim yang tak terlibat rivalitas. Bahkan, hubungan kedua klub ini bisa dikatakan sangat mesra.

Mesranya hubungan kedua klub ini bisa terlihat dari aktivitas transfer antara kedua tim tersebut. Para penggawa United kerap melanjutkan karier mereka di Watford setelah tak lagi berseragam Setan Merah.

Selain itu, United kerap pula 'menyekolahkan' pemain muda mereka ke Watford, untuk mendapat pengalaman bermain di tim utama.

Salah satu pemain muda yang disekolahkan United ke Watford saat ini adalah James Garner. Gelandang 19 tahun tersebut saat ini sedang menjalani masa peminjamannya di Watford.

Garner sendiri tidak bisa turun pada laga kontra United. Pasalnya, dalam perjanjian peminjamannya, ada klausul yang membuatnya tak bisa turun menghadapi United.

Siapa saja pemain selain Garner yang pernah mengenakan seragam Watford dan Manchester United? Simak lima di antaranya di bawah ini.

1 dari 5

Ashley Young

Ashley Young
Ashley Young © AFP

Young memulai perjalanannya di sepak bola dengan bergabung bersama akademi Watford pada usia sepuluh tahun. Ia melakoni tahap demi tahap di klub tersebut dan akhirnya mampu menembus tim inti. Ia pun mampu mengantarkan klub tersebut promosi ke Premier League. Pada Januari 2007, ia pindah ke Aston VIlla.

Pada Juni 2011, Young bergabung dengan United, dengan mahar senilai 17 juta pounds. Bersama Setan Merah, Young sukses meraih lima trofi.

Ia mengakhiri masa baktinya di Old Trafford pada Januari 2020. Setelah meninggalkan United, ia hijrah ke Italia dan bergabung dengan Inter Milan.

2 dari 5

Danny Welbeck

Danny Welbeck
Danny Welbeck © WFC

Welbeck mengawali perjalanannya di sepak bola dengan bergabung bersama tim usia muda United. Ia kemudian menjalani debut di tim senior pada 2008.

Sempat dipinjamkan ke Preston North End dan Sunderland, Welbeck akhirnya berhasil menembus tim utama United. Setelah menjadi salah satu andalan lini depan Setan Merah, Welbeck akhirnya dipinang oleh Arsenal pada September 2014.

Usai meninggalkan Arsenal pada Agustus 2019, Welbeck kemudian bergabung dengan Watford. Setelah bermain dalam 20 laga dan mencetak tiga gol, ia kemudian dilepas oleh klub tersebut pada 6 Oktober 2020.

3 dari 5

Craig Cathcart

United merupakan pemain hasil didikan akademi Manchester United. Namun, Cathcart lebih banyak menghabiskan waktunya dalam masa peminjaman, termasuk di Watford pada musim 2009.

Pada 11 Agustus 2010, Cathcart dipinang Blackpool dan bertahan di klub tersebut sampai 2014. Pada 24 Juni 2014, Cathcart dipinang oleh Watford. Saat ini, Cathcart masih berstatus sebagai penggawa Watford. Namun, ia kemungkinan besar tak bisa tampil dalam laga menghadapi United pada laga akhir pekan ini. Pasalnya, pemain asal Irlandia Utara tersebut masih belum pulih dari cedera.

4 dari 5

Ben Foster

Ben Foster
Ben Foster © WBA

Setelah mengawali karier sepak bolanya di Racing club Warwick, Foster bergabung dengan United pada 2005. Namun, ia masih harus beradaptasi untuk bisa bermain di tim seperti United. Walhasil, Foster sempat dipinjamkan ke Watford.

Pada juni 2007, Foster kembali ke United. Namun, perjalannnya bersama Setan Merah terhalang cedera ligamen. Sepanjang bersama United, Foster hanya bermain 23 kali.

Setelah meninggalkan United dan bergabung dengan West Bromwich Albion dan Birmingham City, Foster melabuhkan lagi kariernya bersama Watford. Sejauh ini, ia sudah tampil 98 kali bersama Watford. Kemungkinan, Foster bakal bereuni dengan mantan timnya pada akhir pekan ini.

5 dari 5

Tom Cleverley

Tom Cleverley
Tom Cleverley © FIFA

Cleverley bergabung dengan United pada usia 12 tahun. Ia kemudian bermain di tim cadangan dan beberapa kali bermain bersama tim inti dalam sejumlah laga persahabatan.

Sebelum menembus tim inti United, Cleverley sempat menjalani sejumlah masa peminjaman, termasuk ke Watford pada musim 2009/2010.

Jelang musim 2011/2012, pemain yang sempat dijuluki The Next Paul Scholes tersebut kembali ke Old Trafford. Bersama United, ia sempat bermain 79 kali dan mencetak lima gol.

Setelah meninggalkan United, Cleverley bergabung dengan Everton. Ketika berstatus penggawa The Toffees tersebut, ia juga sempat dipinjamkan ke Watford. Kemudian, sejak 2017, pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut berstatus sebagai penggawa Watford.

Sama seperti Foster, pada akhir pekan ini, Cleverley bisa jadi bakal bereuni dengan mantan timnya tersebut.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)