FOLLOW US:


Ternyata, Ini Alasan Mengapa Gol Marcus Rashford Tidak Dianulir

21-10-2019 09:10

 | Yaumil Azis

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Gol Marcus Rashford Tidak Dianulir
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford. © AP Photo

Bola.net - Ada satu pemandangan kontroversial dalam laga lanjutan Premier League antara Manchester United menghadapi Liverpool, Minggu (20/10/2019). Itu adalah momen sebelum terjadinya gol penyerang Manchester United, Marcus Rashford.

Gol semata wayang the Red Devils itu tercipta pada menit ke-36. Proses golnya sendiri dimulai dari bek Manchester United, Victor Lindelof, yang berhasil merebut bola dari kaki penyerang Liverpool, Divock Origi.

Daniel James memungut bola liar dan langsung menyerang pertahanan Liverpool dengan kecepatannya. Lalu, ia mengirimkan bola ke Rashford yang bebas dari pengawalan dan menceploskan bola dengan mudah. MU unggul sampai menit ke-85, tepat sebelum Adam Lallana mencetak gol penyama kedudukan.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengeluhkan insiden tersebut usai pertandingan. "Saya rasa banyak orang berpikir itu adalah pelanggaran, saya rasa kebanyakan orang merasa itu adalah pelanggaran. Saya yakin itu adalah pelanggaran," tegas Klopp kepada BBC.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Penjelasan PGMOL

Wasit, bernama Martin Atkinson, sempat mendiskusikan pelanggaran tersebut dengan tim VAR. Selain itu, ia juga berada dekat dengan lokasi kejadian. Namun ia tegas dengan keputusannya dan mensahkan gol Manchester United.

Publik yang merasa bahwa Lindelof telah melakukan pelanggaran jelas bertanya-tanya soal itu. PGMOL (Professional Game Match Officials Limited) ternyata punya jawabannya.

"Pertama-tama, wasit di apangan tidak merasa itu pelanggaran dan VAR mengecek/memutuskan bahwa itu bukan kesalahan yang jelas untuk dihadiahi pelanggaran," ujar PGMOL kepada Sky Sports.

"Yang kedua, VAR tidak menghentikan pertandingan, terjadi sentuhan tapi VAR cukup nyaman untuk tidak menganulir gol itu," lanjutnya.

2 dari 2

Momen Kontroversi Lainnya

Momen kontroversial lainnya juga terjadi beberapa saat setelah gol Marcus Rashford tercipta. Penyerang Liverpool, Sadio Mane, berhasil menjebol gawang David De Gea pada menit ke-44.

Sayangnya, perayaan para pemain Liverpool harus terhenti setelah Atkinson memutuskan untuk mengecek keabsahan gol melalui VAR. Hasilnya, gol Sadio Mane dinyatakan tidak sah dan skor kembali menjadi 1-0 untuk MU.

Namun kejadian ini tidak bisa dibantahkan setelah VAR mengeluarkan tayangan ulang insiden tersebut. Sebelum mencetak gol, pria asal Senegal itu sempat terlihat menyentuh bola menggunakan tangannya.

(Metro News)