FOLLOW US:


Tinggalkan Everton Bukan Salah Rooney

10-08-2017 10:25

 | Wayne Rooney

Tinggalkan Everton Bukan Salah Rooney
Wayne Rooney © Everton

Bola.net - Legenda Everton, Graeme Sharp mengungkapkan bahwa dia memahami alasan Wayne Rooney meninggalkan Everton untuk bergabung dengan Manchester United pada 2004 silam.

Rooney merupakan pemain didikan akademi Everton dan mampu menyita perhatian pada musim debutnya di sana pada musim 2002-2003. Performa apik di usianya yang masih sangat muda kala itu membuatnya dilirik Sir Alex Ferguson dan juga ada ketertarikan dari Newcastle United.

Pada Agustus 2004, Rooney mengajukan permohonan untuk dijual dan pada akhir bulan itu, dia resmi bergabung dengan Manchester United dengan nilai transfer sebesar 25,6 juta poundsterling. Sebuah rekor transfer untuk pemain di bawah usia 20 tahun saat itu.

Bersamaan dengan itu, karir Rooney melesat. Berbagai trofi mulai dari Premier League, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub hingga Liga Europa telah dia raih bersama Manchester United. Bukan itu saja, Rooney sendiri menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sana.

Dan musim panas ini, Rooney memutuskan untuk meninggalkan Old Trafford untuk kembali ke klub masa kecilnya, Everton.

Sharp menegaskan tidak ada yang bisa menyalahkan Rooney karena meninggalkan Everton pada 2004 saat mereka tidak memiliki sumber keuangan atau ambisi yang dimiliki pemilik baru Farhad Moshiri.

"Dia mendapatkan banyak cemooh dari fans saat itu, tapi saat anda melihat situasinya, Everton bukanlah klub seperti saat ini, dia pergi ke Manchester United dan Liga Champions. Segalanya ada di depannya dan anda bisa memahaminya," ujarnya.

"Dan tak ada yang bisa mengatakan bahwa dia melakukan kesalahan saat melihat semua medali yang dia menangkan dan juga gol yang dia dapatkan di sana," sambungnya.(exp/dzi)