FOLLOW US:


Tua-Tua Keladi! Cristiano Ronaldo Siap Main Hingga Usia 42 Tahun, tapi...

14-01-2022 03:45

 | Ari Prayoga

Tua-Tua Keladi! Cristiano Ronaldo Siap Main Hingga Usia 42 Tahun, tapi...
Bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo © AP Photo

Bola.net - Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo mengungkapkan bahwa dirinya untuk terus bermain hingga usianya menginjak 42 tahun. Namun, itu bergantung pada satu hal.

Pada 5 Februari 2022 mendatang, Ronaldo akan berulang tahun ke-37. Namun, hingga kini ia belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan performa di atas lapangan.

Musim 2021/22 ini Ronaldo kembali ke Manchester United yang merupakan klub lamanya. Ketajaman CR7 pun masih belum hilang, dan kini tercatat sudah mencetak 14 gol dan tiga assist dalam 22 pertandingan.

1 dari 4

Pengakuan Cristiano Ronaldo

Ronaldo menyadari betul bahwa secara fisik ia masih sangat layak bermain di level tertinggi. Namun, ada satu masalah yang mungkin bisa menjadi pengganjal, yakni mental.

“Saya merasa senang menjadi pemain yang telah menunjukkan bahwa, dalam kasus saya, umur panjang telah menjadi faktor penting bagi saya untuk terus bermain di level tinggi, menampilkan performa bagus," ujar Ronaldo kepada ESPN Brasil.

"Secara genetik saya merasa seperti saya berusia 30 tahun. Saya sangat menjaga tubuh dan pikiran saya. Sesuatu yang saya pelajari baru-baru ini adalah bahwa setelah 33 tahun, saya percaya tubuh dapat memberikan jika Anda membutuhkannya, tetapi pertempuran sebenarnya adalah mental,"

2 dari 4

Cerita Cristiano Ronaldo

Lebih lanjut, Ronaldo merasa bahwa masalah mental ini memang sangat krusial. Pemain asal Portugal itu pun mengaku sudah mencoba untuk mengontrol pikirannya.

“Sudah melewati banyak hal dengan fokus pada tujuan akhir untuk tetap berada di level tinggi adalah hal tersulit, dan itulah yang telah saya lakukan selama beberapa tahun terakhir," tutur Ronaldo.

“Saya telah berusaha dan lebih fokus untuk melatih pikiran saya. Saya tahu tubuh saya akan mengontrol saya karena saya sangat menghormatinya dan saya banyak mendengarkannya,"

3 dari 4

Petuah Cristiano Ronaldo

Ronaldo pun hingga kini masih merasa bahwa ia bisa bermain di level tertinggi dalam lima tahun ke depan. Namun, semua kembali ke bagaimana caranya ia mengontrol pikiran.

“Hidup harus memiliki momen-momen penting, baik atau buruk, tetapi ketika Anda jatuh, Anda harus memiliki kekuatan untuk bangkit. Saya senang, saya ingin tetap di sini dan melihat apa yang akan terjadi," kata Ronaldo.

"Saya ingin mencari tahu apakah saya akan bermain sampai saya berusia 40, 41, atau 42 tahun, tetapi yang terpenting adalah tujuan harian saya adalah menikmati momennya." tukas Ronaldo.

4 dari 4

Klasemen Premier League

Sumber: ESPN Brasil