FOLLOW US:


Untuk Bangkitkan Arsenal, Wenger Diminta Tiru Mourinho

29-08-2017 12:05

 | Arsene Wenger

Untuk Bangkitkan Arsenal, Wenger Diminta Tiru Mourinho
Arsene Wenger © AFP

Bola.net - Mantan gelandang Arsenal, Patrick Vieira mengatakan bahwa mantan timnya tak harus fokus bermain indah setiap kali keluar lapangan. Namun mereka juga harus menemukan keseimbangan antara bermain indah dan memiliki taktik dengan dukungan fisik untuk menang.

Vieira mengatakan bahwa dia akan senang melihat Arsenal mengadaptasi taktik seperti yang dilakukan Jose Mourinho di Manchester United, yang dia sebut lebih fisik dan disiplin taktik tinggi bila mereka ingin memperbaiki start buruk awal musim ini.

Arsenal baru saja dihantam Liverpool empat gol pekan lalu, ini menjadi kekalahan kedua beruntun mereka setelah sebelumnya mereka juga kalah 0-1 saat melawan Stoke City. Sebelumnya, di laga awal mereka juga kebobolan tiga gol walaupun mampu menang dengan skor 4-3.

"Mana yag akan saya suka apakah tim saya lebih mirip tim Mourinho atau mirip tim Wenger? Saya akan senang untuk memiliki keseimbangan dari keduanya," ujarnya.

"Saya akan senang tim saya memiliki kedisiplinan Mourinho, tapi juga mengizinkan pemain mengekspresikan dirinya seperti tim Wenger. Wenger selalu memberi kebebasan pemainnya. Untuk memiliki kebebasan adalah bagus, tapi bila anda bisa membuat pemain menghormati aspek taktik juga, itu jauh lebih baik," tambahnya.

Kemudian Vieira pun menyebutkan bahwa Wenger selalu percaya pada para pemainnya dan memberikan kebebasan, itu sangat berbeda dengan Mourinho yang sangat detail dan selalu menekankan pentingnya aspek taktik. Begitu juga dengan pelatih seperti Fabio Capello yang juga keras kepada pemainnya, dan juga Roberto Mancini yang juga sangat detail dalam taktik.

Dan menurut pelatih New York City FC tersebut, Arsenal butuh keseimbangan antara aspek taktik dan juga aspek fisik yang dimiliki dalam tim. Selain mampu bermain indah, The Gunners diminta Vieira mampu memiliki permainan fisik seperti halnya gaya yang selalu dimiliki Mourinho dalam setiap timnya.

"Bila anda lihat Arsenal hari ini, saya benar-benar menikmati permainan mereka, mereka memainkan sepakbola yang benar-benar bagus. Tapi itu tak cukup untuk memenangi pertandingan atau memenangi kompetisi. Di waktu kami kami menang dan kami memiliki kekuatan untuk tak bermain baik, tapi entah mengapa masih bisa memenangi pertandingan 1-0," sambungnya.

"Saya tak mengatakan generasi kami lebih baik daripada generasi ini. Ini tak masuk akal membandingkan dua generasi karena periodenya berbeda. Generasi kami lebih fisik tapi generasi ini memainkan sepakbola yang lebih baik. Jadi, keseimbangan dari keduanya adalah apa yang Arsenal perlu temukan. Mereka harus secara fisik mampu mengatasi situasi yang berbeda," tandasnya.(gl/dzi)