FOLLOW US:


Virgil van Dijk Cedera ACL, Salah Satu Bek Ini Bisa Jadi Penggantinya di Liverpool

19-10-2020 07:21

 | Dimas Ardi Prasetya

Virgil van Dijk Cedera ACL, Salah Satu Bek Ini Bisa Jadi Penggantinya di Liverpool
Momen ketika Virgil van Dijk mendapatkan tekel brutal dari Jordan Pickford di Derby Merseyside antara Everton vs Liverpool. © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Liverpool mengalami kehilangan besar setelah bek andalan mereka yakni Virgil van Dijk mengalami cedera ACL pada lutut kanannya dan harus absen berbulan-bulan.

Van Dijk mengalami petaka itu saat ia bermain di laga antara Everton vs Liverpool di matchday 5 Premier League 2020-21 di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). Ia hanya bermain enam menit saja kala itu.

Sebab lutut kaki kanannya kena terjang Jordan Pickford. Kiper Everton itu berusaha menghalangi Van Dijk untuk menendang bola rebound.Van Dijk sempat kesakitan di pinggir lapangan. Ia kemudian digantikan oleh Joe Gomez.

Van Dijk pun telah menjalani scan. Hasilnya ia mengalami cedera ACL dan harus menjalani operasi.

Cedera itu akan butuh waktu berbulan-bulan agar bisa pulih lagi. Ia pun disebut bisa absen hingga lebih dari enam bulan.

Absennya Virgil van Dijk ini membuat Liverpool kekurangan stok bek tengah. Sebab mereka sebelumnya sudah melepas Dejan Lovren dan belum membeli penggantinya.

Kini tersisa Joe Gomez dan Joel Matip saja sebagai bek tengah. Hal ini rawan karena Matip rawan cedera. Jadi tampaknya Liverpool harus segera mencari pengganti Virgil van Dijk.

Siapa saja lima pemain yang kira-kira bisa mengisi posisi Virgil van Dijk di Liverpool? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5

Jules Kounde

Jules Kounde
Pemain Sevilla Jules Kounde. © AP Photo

Bek ini memang masih 21 tahun. Namun ia sudah menjadi andalan Sevilla.

Ia ikut andil membawa Sevilla memenangi trofi Liga Europa musim lalu. Tak heran jika ia kemarin disebut diminati banyak klub besar.

Kounde sebelumnya sempat dikaitkan dengan Real Madrid. Kemudian juga Manchester City dan Manchester United.

Jules Kounde bisa menjadi investasi jangka panjang di Anfield.

2 dari 5

Conor Coady

Conor Coady
Conor Coady © Wolves

Nama yang satu ini termasuk bek yang tak banyak menyita perhatian media. Namun performanya bersama Wolverhampton layak mendapat pujian.

Ia adalah kapten sekaligus bek tengah andalan Wolves. Bek 27 tahun ini juga baru saja mendapat panggilan untuk memperkuat timnas Inggris.

Conor Coady juga tak asing dengan Liverpool. Sebab ia adalah pemain didikan akademi The Reds dari tahun 2005 hingga 2011.

Coady sempat masuk tim senior Liverpool dari tahun 2011 hinggga 2014. Namun ia cuma sempat mencatatkan satu penampilan saja.

3 dari 5

Pau Torres

Pau Torres
Pau Torres © UEFA

Bek asal Spanyol ini mencuri perhatian berkat performanya di lini belakang Villarreal. Ia digadang-gadang akan menjadi pengganti Gerard Pique di skuat La Roja.

Bek berusia 23 tahun ini pun kini diminati banyak klub besar Eropa. Dari Spanyol sendiri ada nama Barcelona.

Lalu dari Inggris ada Chelsea, Manchester United, hingga Arsenal. Liverpool juga sempat dikaitkan dengan Pau.

4 dari 5

Ozan Kabak

Ozan Kabak
Ozan Kabak © DFL

Bek berusia 20 tahun ini sebelumnya tampil apik bersama Galatarasay. Hanya semusim di tim utama klub Turki itu, ia lantas direkrut oleh Stuttgart.

Namun ia tak bertahan lama di klub tersebut. Setelah enam bulan, ia dipinang oleh Schalke.

Sebelum itu Ozan Kabak juga sempat disebut diminati oleh AC Milan, Bayern Munchen, Inter Milan, hingga Manchester United. Liverpool juga sempat dikaitkan dengannya saat mencari pengganti Dejan Lovren.

5 dari 5

Kalidou Koulibaly

Salah satu bek terbaik di dunia saat ini. Kalidou Koulibaly juga menjadi nama tertua dalam daftar ini.
Liverpool kemungkinan bisa dengan mudah merekrutnya. Sebab Napoli sebelumnya disebut sudah melunak dan siap melepas bek 30 tahun tersebut.

Selain Liverpool, Koulibaly juga sempat dikaitkan dengan beberapa klub besar. Di antaranya Manchester City, Manchester United, dan PSG.

Koulibaly sendiri sebelumnya juga kerap dikaitkan dengan Liverpool. Ia dianggap akan bisa membuat tembok The Reds makin kukuh dengan duetnya bareng Virgil van Dijk.