FOLLOW US:


Zouma Petik Satu Pelajaran dari Mourinho Saat di Chelsea, Apa Itu?

26-11-2019 12:33

 | Yaumil Azis

Zouma Petik Satu Pelajaran dari Mourinho Saat di Chelsea, Apa Itu?
Pemain Chelsea, Kurt Zouma, merayakan golnya ke gawang Grimsby Town di ajang Carabao Cup, Kamis (26/9/2019). © AP Photo

Bola.net - Perjalanan karir Kurt Zouma di Chelsea, saat masih diasuh Jose Mourinho, ternyata cukup berguna meski hanya berlangsung singkat. Ia mengaku mendapatkan satu pelajaran yang berarti dari pria berkebangsaan Portugal tersebut.

Zouma resmi menjadi pemain Chelsea pada tahun 2014 lalu. Namun ia tidak langsung berlabuh di Stamford Bridge, sebab dirinya harus menjalani masa pinjaman bersama tim lamanya, Saint-Etienne, hingga musim 2013/14 berakhir.

Pada musim perdananya, Zouma hanya diberikan kesempatan bermain sebanyak 15 kali di ajang Premier League. Walaupun kontribusinya tidak begitu banyak, namun setidaknya ia ikut serta membantu Chelsea menjadi juara pada saat itu.

Di umurnya yang masih belia, ia mendapatkan kesempatan untuk diasuh oleh pelatih sekaliber Mourinho dan bahkan mendapatkan gelar bergengsi. Sayang keistimewaan itu tak berlangsung lama.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Berterima Kasih Kepada Mourinho

Pada akhri tahun 2015, Zouma harus melihat Mourinho pergi. Serangkaian hasil buruk yang diterima Chelsea pada waktu itu membuat ia pergi dengan status 'kesepakatan bersama'.

Meskipun tidak begitu lama, namun era kepemimpinan Mourinho cukup berkesan di hati pemain asal Prancis itu. Bagaimanapun juga, Mourinho adalah sosok yang membuat Zouma bisa berkarir di Inggris sampai saat ini.

"Mourinho-lah yang membuka gerbang Inggris untuk saya. Saya masih berumur 19 tahun saat tiba di sana. Masih muda," ujar Zouma kepada France Football.

"Dia juga membuat saya percaya diri dengan memberikan kesempatan tampil dalam laga besar berintensitas tinggi. Dialah yang menunjukkan bagaimana sepak bola di Inggris," lanjutnya.

2 dari 2

Satu Pelajaran dari Mourinho

Ada satu pelajaran darinya yang masih dipegang oleh Zouma sampai sekarang. Mourinho mengajarinya untuk membenci kekalahan.

"Dia adalah orang yang benci dengan kekalahan. Dia mengajari saya untuk membenci kekalahan. Berkat dirinya, saya jadi bisa berkembang di Chelsea. Dia memberikan dan mengajari saya banyak hal. Saya berterima kasih kepadanya," tutupnya.

Kini Zouma merupakan salah satu pemain penting dalam skuat Chelsea di era kepelatihan Frank Lampard. Sampai sekarang, ia tercatat sudah tampil sebanyak 18 kali di berbagai kompetisi.

(France Football)