FOLLOW US:


3 Hal yang Salah dari Juventus Musim Ini, Akhirnya Gagal Juara Serie A?

02-03-2021 08:00

 | Richard Andreas

3 Hal yang Salah dari Juventus Musim Ini, Akhirnya Gagal Juara Serie A?
Pemain Juventus, Paulo Dybala. © AP Photo

Bola.net - Sudah bertahun-tahun Juventus mendominasi Serie A. Mereka selalu jadi juara dari musim ke musim secara beruntun, hampir tidak pernah ada tantangan berarti.

Meski begitu, mungkin musim ini Juve harus membiarkan trofi Serie A diraih tim lain. Si Nyonya Tua terseok-seok sejak awal musim bersama si pelatih baru, Andrea Pirlo.

Saat ini Juve ada di peringkat tiga dengan 46 poin dari 23 pertandingan. Tertinggal 10 poin dari Inter Milan yang memimpin di puncak dengan 56 poin dari 24 pertandingan.

Kondisi ini menimbulkan pertanyaan besar: Apa yang salah dengan Juve? Mereka punya Cristiano Ronaldo dan banyak pemain top lainnya, lalu mengapa sampai kesulitan seperti ini?

Mencoba menjawab pertanyaan itu, setidaknya ada tiga alasan mengapa Juve melangkah terseok-seok dan mungkin akan gagal juara. Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 3

Kesalahan di bursa transfer

Gelandang Juventus, Aaron Ramsey. (c) AP Photo
Gelandang Juventus, Aaron Ramsey. (c) AP Photo

Fabio Paratici sudah tepat mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid, tapi dua tahun terakhir pembelian Juve tidak bisa dibilang memuaskan.

Dia merekrut Matthijs de Ligt, Merih Demiral, Federico Chiesa, Dejan Kulusevski, dan Weston McKennie. Pembelian-pembelian ini pun cukup baik untuk memulai regenerasi skuad Juve.

Namun, Paratici gagal merekrut striker tangguh yang bisa mencetak gol secara reguler. Dia juga gagal menyelesaikan masalah di sektor bek kiri.

Pembelian Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey pun patut dikritik karena mulai tampak flop.

2 dari 3

Hanya andalkan Ronaldo

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo (c) La Presse via AP Photo
Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo (c) La Presse via AP Photo

Tidak ada salahnya mengandalkan pemain terbaik dalam skuad, tapi Juve terlalu berlebihan bergantung pada Cristiano Ronaldo. Juve seolah-olah jad tim berbeda saat Ronaldo absen.

Ronaldo direkrut Juve untuk menuntun mereka jadi juara Eropa, dan sejauh ini dia gagal melakukannya dalam dua edisi Liga Champions.

Sekarang Juve harus membalikkan situasi lawan Porto, Ronaldo akan memikul harapan lebih besar.

Ronaldo memang masih mencetak gol-gol penting, tapi Juve tidak bisa membiarkan Ronaldo memikul semua beban sendiri.

3 dari 3

Cedera pemain-pemain penting

Pemain Juventus, Paulo Dybala. (c) AP Photo
Pemain Juventus, Paulo Dybala. (c) AP Photo

Cedera panjang Paulo Dybala jelas merugikan Juventus. Beberapa musim terakhir terbukti Dybala adalah salah satu pemain terpenting, baik untuk mencetak gol atau untuk menciptakan peluang.

Cedera lutut Dybala kali ini cukup parah karena sudah lama ditunda-tunda. Beruntung dia tidak perlu sampai operasi, tapi bakal butuh waktu lama untuk pulih.

Pirlo juga sudah kehilangan beberapa pemain kunci yang cedera bergantian musim ini. Ada Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Arthur Melo.

Lalu kabarnya baru-baru ini Alvaro Morata juga didiagnosis Covid 19 yang memaksanya menepi.

Sumber: Daily Mail