FOLLOW US:


43 Tahun, Gianluigi Buffon Masih Punya Ambisi Tampil di Piala Dunia 2022

20-05-2021 09:19

 | Asad Arifin

43 Tahun, Gianluigi Buffon Masih Punya Ambisi Tampil di Piala Dunia 2022
Gianluigi Buffon bersama Andrea Pirlo usai membawa Juventus juara Coppa Italia 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Gianluigi Buffon masih punya ambisi besar pada karirnya. Walau sudah berusia 43 tahun, Buffon merasa termotivasi dan kompetitif. Tampil di Piala Dunia 2022 jadi target Buffon selanjutnya.

Buffon baru saja mengantarkan Juventus juara Coppa Italia musim 2020/2021. Pada laga final yang digelar Kamis (20/5/2021) dini hari WIB, Juventus menang dengan skor 2-1 atas Atalanta.

Hasil ini membuat Juventus meraih gelar Coppa Italia ke-14, paling banyak dibanding klub lain. Sedangkan, bagi Buffon, ini adalah gelar juara ke-6. Lima gelar didapat bersama Juventus.

1 dari 3

Masih Punya Ambisi

Setelah membawa Juventus meraih gelar Coppa Italia, Gianluigi Buffon akan pergi. Kontraknya habis pada 30 Juni nanti. Akan tetapi, kepergian dari Juventus nampaknya bukan akhir dari karir panjang Buffon di sepak bola.

Buffon masih punya ambisi dan merasa kompetitif. Tampil di Piala Dunia 2022 menjadi target selanjutnya.

"Saya masih merasa kuat, jadi jika saya menemukan motivasi untuk mencoba pengalaman lain, saya akan terus maju. Saya merasa bahwa saya masih seorang penjaga gawang yang baik. Saya masih merasa bahwa saya adalah Buffon," ucapnya kepada RAI Sport.

"Yang ingin saya lakukan adalah menantang diri saya sendiri. Saya ingin mencapai Desember 2022 [Piala Dunia] dan masih merasa cukup kuat untuk memainkan peran saya, bagus, tapi jika mereka tidak menelepon saya, tidak apa-apa juga," tegasnya.

2 dari 3

Tidak Tampil di Euro 2020

Buffon memang belum resmi pensiun dari Timnas Italia. Akan tetapi, mantan kiper Parma itu cukup lama tidak dipanggil untuk membela Timnas Italia. Kali terakhir Buffon bermain untuk Italia terjadi pada 2018 lalu.

Buffon juga dipastikan tidak masuk dalam skuad Timnas Italia di Euro 2020. Tidak ada nama Buffon dalam daftar kiper yang dipanggil pelatih Roberto Mancini.

Pada daftar skuad sementara Italia untuk Euro 2020, empat penjaga gawang yang dipanggil Mancini adalah Alessio Cragno (Cagliari), Gianluigi Donnarumma (Milan), Alex Meret (Napoli), Salvatore Sirigu (Torino).

3 dari 3

Daftar Pemain Italia untuk Euro 2020

Kiper: Alessio Cragno (Cagliari), Gianluigi Donnarumma (Milan), Alex Meret (Napoli), Salvatore Sirigu (Torino)

Bek: Francesco Acerbi (Lazio), Alessandro Bastoni (Inter), Cristiano Biraghi (Fiorentina), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Alessandro Florenzi (Paris Saint Germain), Manuel Lazzari ( Lazio), Gianluca Mancini (Roma), Leonardo Spinazzola (Roma), Rafael Toloi (Atalanta)

Gelandang: Nicolo Barella (Inter), Gaetano Castrovilli (Fiorentina), Bryan Cristante (Roma), Manuel Locatelli (Sassuolo), Lorenzo Pellegrini (Roma), Matteo Pessina (Atalanta), Stefano Sensi (Inter), Marco Verratti (Paris Saint- Germain)

Penyerang: Andrea Belotti (Torino), Domenico Berardi (Sassuolo), Federico Bernardeschi (Juventus), Federico Chiesa (Juventus), Vincenzo Grifo (Freiburg), Ciro Immobile (Lazio), Lorenzo Insigne (Napoli), Moise Kean (Paris Saint- Germain), Matteo Politano (Napoli), Giacomo Raspadori (Sassuolo)

*Skuad sementara