FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Kemenangan AC Milan: Theo-Leao Oke, Milan Makin Jadi!

14-01-2022 08:00

 | Richard Andreas

5 Pelajaran dari Kemenangan AC Milan: Theo-Leao Oke, Milan Makin Jadi!
Duel para pemain AC Milan vs Genoa di babak 16 besar Coppa Italia 2021/22 © AP Photo

Bola.net - AC Milan harus berjuang ekstra untuk come back menundukkan Genoa dalam duel 16 besar Coppa Italia 2021/22, Jumat (14/1/2022). Duel sengit di San Siro berakhir dengan skor 3-1 untuk Milan.

Pertandingan berjalan 120 menit yang jadi ujian pasukan Stefano Pioli. Genoa bermain apik dan sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Leo Ostigard di menit ke-17.

Milan baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-74 lewat Olivier Giroud. Laga dilanjutkan ke babak tambahan dan Milan mengunci kemenangan lewat gol Rafael Leao (102') dan Alexis Saelemakers (112').

Kemenangan ini mengantar Milan ke babak perempat final Coppa Italia 2021/22 sekaligus menunjukkan ketangguhan skuad Pioli. Milan yang sekarang sudah jauh lebih baik dari beberapa tahun terakhir.

Dengan laju apik saat ini, Milan boleh percaya diri bisa meraih trofi. Pioli telah mengembangkan skuadnya begitu pesat sampai jadi salah satu kandidat juara.

Tak hanya itu, pertandingan ini juga menyisakan lima pelajaran penting. Apa saja? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5

1. Theo dan kontribusinya

Theo Hernandez sekali lagi jadi pemain terbaik Milan di lapangan. Dia menyuguhkan permainan komplet baik saat menyerang dan bertahan.

Di laga ini Theo membungkus dua assist. Dia meladeni Olivier Giroud untuk gol pertama Milan dan Alexis Saelemakers untuk gol ketiga.

Menurut catatan Opta, Theo adalah bek pertama di Serie A yang menorehkan dua digit keterlibatan gol. Dia telah membuat empat gol dan enam assists.

2 dari 5

2. Milan kian matang

2. Milan kian matang
Selebrasi skuad AC Milan untuk gol Rafael Leao ke gawang Genoa, babak 16 besar Coppa Italia 2021/22 © AP Photo

MMemang masih banyak PR, tapi Milan perlahan-lahan mendekati level terbaiknya seperti sedia kala. Kerja keras Pioli beberapa tahun terakhir mulai terbayar lunas.

Permainan Milan jauh lebih baik, ritme tim terbentuk. Para pemain juga memiliki mentalitas juara yang semakin matang dari pekan ke pekan.

Kemenangan kali ini pun membuktikan itu. Milan ketinggalan terlebih dahulu hingga mendekati 15 menit akhir, tapi terbukti mereka bisa membalikkan kedudukan.

3 dari 5

3. Leao si bintang baru

3. Leao si bintang baru
Aksi Rafael Leao pada duel melawan Porto di babak matchday keempat Grup B Liga Champions 2021/2022 © AP Photo

Rafael Leao mencetak gol kedua Milan di pertandingan ini. Bisa dibilang gol Leao adalah gol terpenting dalam pertandingan karena langsung mengubah situasi.

Ini bukan pertama kalinya Leao jadi penentu kemenangan tim. Faktanya, beberapa pertandingan terakhir dia bermain di level tinggi dan tampak semakin matang.

Leao baru 22 tahun dan sedang disiapkan jadi bintang masa depan Milan. Dia hanya membutuhkan dukungan maksimal dari pihak klub dan pelatih.

4 dari 5

4. Kian pede, jaga momentum

4. Kian pede, jaga momentum
Aksi Alessandro Florenzi di laga AC Milan vs Genoa, babak 16 besar Coppa Italia 2021/22 © AP Photo

Hasil ini jadi kemenangan keempat beruntun Milan di semua kompetisi. Empat kemenangan beruntun ini tercipta tepat setelah Milan menelan dua kekalahan dan satu hasil imbang.

Artinya, skuad Pioli sudah tahu caranya bangkit dari situasi sulit lalu berbalik meraih kemenangan. Milan yang sekarang juga bisa mempertahankan laju kemenangan tersebut.

Momentum ini penting untuk membangun kepercayaan diri tim. Beberapa pekan ke depan Milan bakal menghadapi pertandingan penting kontra Juventus dan Inter Milan.

5 dari 5

5. Langganan Extra Time

Menariknya, ini bukan pertama kali Milan dan Genoa harus bermain extra time di Coppa Italia. Bahkan faktanya mereka adalah tim yang paling sering bermain 120 menit.

Sejak musim 2011/2012, Opta mencatat bahwa Milan telah 11 kali bermain hingga babak tambahan. Genoa tidak kalah banyak dengan 9 kali bermain hingga babak tambahan.

Sumber: Bola, Twitter, Opta