5 Pemain yang Pernah Membela Torino dan Juventus Sepanjang Karirnya

Asad Arifin | 21 Juli 2022 12:37
Gleison Bremer bergabung dengan Juventus (c) Juventus FC

Bola.net - Torino dan Juventus merupakan dua klub rival sekota yang berasal dari Italia. Kedua klub memiliki sejarah dan rivalitas yang begitu panjang di belantika sepak bola Negeri Pizza.

Torino dan Juventus memiliki bintang-bintang sepak bola dalam sejarahnya, bahkan diantaranya merupakan pemain hebat di Serie A. Saking banyaknya pemain-pemain hebat dari dua klub tersebut, tak sedikit juga dari mereka pernah membela dua klub asal Turin tersebut.

Teranyar, Gleison Bremer pemain Torino yang baru saja diangkut oleh Juventus dengan biaya transfer mencapai 40 juta Euro atau senilai dengan Rp608,8 miliar. Bremer bukan satu-satunya pemain yang pernah membela Torino dan Juventus.

Berikut ini lima pemain dari sekian banyak yang pernah membela Torino maupun Juventus. Yuk mari disimak Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Simone Zaza

Simone Zaza (c) AFP

Pesepak bola yang identik dengan kepala plontos ini adalah pemain yang pernah membela panji Torino maupun Juventus. Zaza memperkuat Juventus terlebih dahulu di musim 2015/16 sebelum malang melintang di Inggris, Spanyol, lalu kembali lagi ke Italia memperkuat Torino.

Zaza tidak begitu gemilang saat membela Juventus maupun West Ham. Di Juventus, dia kalah bersaing dengan penyerang top lain. Sedangkan di West Ham, dia kerap gagal tampil sebagai pemecah kebuntuan. Mimpi buruk Zaza berakhir ketika hijrah ke Valencia.

Simone Zaza berlabuh ke Torino sejak 2018 lalu. Performanya tidak begitu menonjol dan lebih sering menjadi pemain pengganti.

2 dari 5 halaman

Tomas Rincon

Tomas Rincon (c) AFP

Karier sepak bola Tomas Rincon di Eropa dimulai di Bundesliga, memperkuat Hamburg SV. Rincon memainkan laga pertamanya untuk Hamburg pada 4 Maret 2009 melawan Wehen Wiesbaden di DFB-Pokal. Dia bermain di Hamburg hingga 2014.

Kemudian, Genoa menjadi tujuan selanjutnya bagi kapten Timnas Venezuela tersebut. Berkat penampilan ciamiknya selama membela I Rossoblu, Juventus kepincut dan menggaetnya dengan banderol delapan juta euro.

Uniknya dia hanya setengah musim saja bersama Bianconeri. Musim berikutnya dia langsung menyeberang ke Torino dengan status pinjaman plus opsi pembelian. Kini Rincon membela klub Liga Italia lainnya, Sampdoria.

3 dari 5 halaman

Fabio Quagliarella

Fabio Quagliarella (c) AFP

Fabio Quagliarella mengawali karier di tahun 1999, dia mendapat promosi dan bermain untuk tim senior Torino. Debutnya bersama klub ketika melawan Piacenza di Serie A pada 14 Mei 2000.

Setelah malang melintang di klub-klub Serie A, pada tahun 2010 Quagliarella resmi bergabung bersama Juventus. Menjelang musim dingin, Quagliarella menjadi pencetak gol terbanyak untuk klub, sembilan gol di 17 laga. Namun, dia kemudian mengalami cedera lutut.

Sama halnya dengan Tomas Rincon, Quagliarella langsung pindah ke Torino usai membela Juventus. Pada musim 2014/2015, Quagliarella mampu mencetak 13 gol dari 34 laga di Serie A.

4 dari 5 halaman

Angelo Ogbonna

Angelo Ogbonna (c) WHU

Angelo Ogbonna juga pernah memperkuat Torino dan Juventus. Ogbonna memulai karier di tim muda Cassino. Pada 2002, dia dibeli oleh Torino seharga 300 ribu euro dan mengirim ke tim muda mereka.

Pada musim 2008/2009, dia kembali ke Torino setelah dipinjamkan ke Crotone. Ia berhasil mencatatkan 19 penampilan liga dan empat penampilan di Coppa Italia. Setelah itu, dia menjadi pemain penting di Torino.

Pemain keturunan Nigeria ini digaet Juventus di musim 2013/14 dengan biaya transfer 13 juta Euro. Dia melakukan debut Liga Champions pada 17 September 2013, melawan Kopenhagen.

5 dari 5 halaman

Dino Baggio

Dino Baggio adalah seorang gelandang bertahan mumpuni yang pernah dimiliki oleh Timnas Italia. Sekadar informasi, dia tidak ada hubungan darah dengan Roberto Baggio, hanya sama-sama bernama belakang Baggio. Kedua pemain juga bermain dengan posisi yang berbeda.

Karier Dino dimulai bersama Torino pada 1980-an. Ia melakukan debutnya setelah dipromosikan ke skuad utama saat berusia 19 tahun. Pada musim 1990/1991, Dino memainkan 25 laga di Serie A dan ini adalah momen penting.

Musim itu juga yang terakhir Dino berseragam Torino. Juventus yang kepincut dengan permainannya memutuskan untuk memboyongnya pada musim panas 1991. Akan tetapi, Juventus memilih meminjamkan Dino ke Inter Milan jelang bergulirnya Serie A 1991/92.

Di Inter Milan, Dino dipercaya bermain sebanyak 27 kali dan mencetak satu gol. Musim berikutnya, Dino baru memperkuat Juventus.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

(Bola.net/Yoga Radyan)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR