FOLLOW US:


Ada yang Aneh dari Pernyataan Juventus Soal European Super League, Apa Itu?

19-04-2021 09:04

 | Yaumil Azis

Ada yang Aneh dari Pernyataan Juventus Soal European Super League, Apa Itu?
Juan Cuadrado. © La Presse via AP Photo

Bola.net - Juventus merilis pernyataan panjang terkait partisipasinya dalam ajang European Super League yang kontroversial. Namun, ada yang janggal dalam pernyataan juara bertahan Serie A tersebut.

European Super League ini cukup kontroversial karena setiap klub yang berpartisipasi takkan mengikuti kompetisi-kompetisi yang telah ada, baik dalam lingkup domestik hingga dunia. Tidak heran, UEFA dan FIFA kompak menentangnya.

Pada Minggu (18/4/2021) malam WIB, UEFA dan FIFA secara resmi melontarkan pernyataan sikap terhadap pagelaran European Super League tersebut. Mereka telah menyiapkan sanksi berat buat pihak yang terlibat, mulai dari klub hingga para pemainnya.

Namun, pernyataan tersebut tidak membuat penyelenggara kompetisi gentar. Beberapa jam setelahnya, 12 klub yang telah dipastikan terlibat dalam European Super League mengeluarkan pernyataan terkait partisipasinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Pernyataan Juventus yang Aneh

Juventus merupakan satu dari tiga klub raksasa Italia yang telah memastikan diri ikut dalam kompetisi tersebut. Dua klub lainnya adalah Inter Milan dan AC Milan. Mereka merilis pernyataannya lewat situs resmi klub.

Namun ada yang janggal dari pernyataan Bianconeri. Mereka tak bisa memastikan apakah kompetisi tersebut bakalan berjalan atau tidak.

"Meskipun klub pendiri akan menggunakan kemampuan terbaik untuk melaksanakan proyek dalam jangka waktu singkat, saat ini perusahaan tidak dapat memastikan bahwa proyek pada akhirnya akan berhasil diluncurkan atau memprediksi waktu yang tepat dari proyek tersebut," demikian pernyataan Juventus.

"Oleh karena itu, perusahaan tidak memiliki semua elemen yang diperlukan untuk menilai secara rinci dampak Super League pada kondisi keuangan dan ekonomi serta kinerjanya."

2 dari 2

Dapat Uang Berjumlah Besar

Dalam pernyataan itu juga, Juventus juga mengungkapkan bahwa setiap partisipan akan mengantongi dana total sebesar 3,5 miliar euro. Nantinya, dana tersebut akan dibagikan sesuai dengan klub yang terlibat di dalamnya.

"Perjanjian tersebut menetapkan bahwa, sehubungan dengan peluncuran Super League yang sebearnya dan tunduk pada penjualan hak media terkait kompetisi, klub pendiri bakalan menerima hibah bersih di muka sekitar 3,5 miliar euro."

"Hibah tersebut, yang akan dibagikan di antara klub pendiri sesuai dengan presentesae yang akan ditentukan berdasarkan jumlah tim, diharapkan akan didanai di bawah pengaturan pembiayaan yang sesuai ditanggung oleh pemberi pinjaman internasional utama."

(Juventus.com)