FOLLOW US:


Alvaro Morata: Meninggalkan Juventus Bukanlah Keputusan Saya

26-09-2020 02:05

 | Yaumil Azis

Alvaro Morata: Meninggalkan Juventus Bukanlah Keputusan Saya
Alvaro Morata dan Leonardo Bonucci di Juventus, Mei 2015 © AFP

Bola.net - Alvaro Morata pernah meninggalkan Juventus pada tahun 2016 lalu hanya untuk bergabung dengan klub yang telah mencampakkan dirinya, Real Madrid. Namun keputusan tersebut tidak sepenuhnya berada di tangannya.

Masa awal kebersamaan Morata dengan Juventus dimulai pada tahun 2014 lalu. Saat itu, ia direkrut dari Real Madrid dengan mahar 20 juta euro dengan klausul buy-back seharga 30 juta euro yang berlaku dua tahun setelah perekrutannya.

Tak disangka, performa Morata di Juventus begitu cemerlang. Pemain asal Spanyol itu bahkan turut membantu Bianconeri mendepak Real Madrid di babak semifinal Liga Champions tahun 2015 lalu.

Tak lama setelahnya, Real Madrid mengaktifkan klasul buy-back yang telah disepakati sebelumnya. Juventus dibuat tak berdaya, sebab Real Madrid sanggup memenuhi angka 30 juta euro yang dibutuhkan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Bukan Keputusan Morata

Namun perlu diketahui juga kalau Morata sebenarnya punya hak untuk berkata tidak terhadap Real Madrid kala itu. Sebab klausul buy-back tersebut tidak akan berlaku kalau Morata memilih bertahan di Juventus.

Setelah enam tahun berlalu, barulah Morata berbicara soal kepindahannya dari Juventus. Pada hakikatnya, Morata hanya mencoba untuk menghormati kontrak yang sudah disepakati.

"Sejak awal itu [meninggalkan Juventus] bukanlah keputusan saya. Kontrak harus dihormati. Sebelum kembali, saya bicara kepada semuanya dan melihat adanya kemungkinan ini," ujar Morata seperti yang dikutip dari Football Italia.

2 dari 2

Bereuni dengan Cristiano Ronaldo

Di skuad Juventus saat ini, Morata bukanlah satu-satunya pemain yang pernah bersinggungan dengan Real Madrid. Bintang Bianconeri, Cristiano Ronaldo, bahkan pernah merasakan kejayaan bersama klub raksasa Spanyol itu.

Morata dan Ronaldo pernah bermain bersama di Real Madrid. Pada tahun 2017 lalu, sebelum bergabung dengan Chelsea, ia turut menyaksikan bagaimana aksi Ronaldo di Liga Champions membuat Juventus tersingkir.

"Saya mengenal Cristiano dengan baik, baik sebagai seorang pemain maupun personal. Saya selalu memiliki hubungan yang baik dengannya. Dia berkata kepada saya kalau dia senang saya datang ke sini," pungkasnya.

Besar kemungkinan Morata akan diduetkan dengan Ronaldo saat Juventus bertemu AS Roma dalam partai lanjutan Serie A, Senin (28/9/2020) nanti. Pertandingan itu sendiri akan digelar di markas Giallorossi, Olimpico Stadium.

(Football Italia)