FOLLOW US:


Di Balik Aksi 'Terbang' Cristiano Ronaldo, Bagaimana Bisa Melompat 2,56 Meter?

12-06-2020 15:12

 | Asad Arifin

Di Balik Aksi 'Terbang' Cristiano Ronaldo, Bagaimana Bisa Melompat 2,56 Meter?
Momen ketika Cristiano Ronaldo mencetak gol sundulan pada duel Sampdoria vs Juventus. © twitter.com/juventusfc

Bola.net - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dikenal punya fisik yang prima. Bukan hanya kecepatan lari, pemain 35 tahun juga punya lompatan yang tinggi. Lantas, bagaimana semua itu bisa terjadi.

Salah satu momen ikonik terkait lompatan Cristiano Ronaldo terjadi pada musim 2019/2020 ini. Ronaldo mencetak gol dengan sundulan ke gawang Sampdoria di pekan ke-17 Serie A (19/12/2019). Juventus menang dengan skor 2-1 di laga ini.

Ronaldo menyundul bola usai melompat begitu tinggi. Mantan pemain Real Madrid mampu melompat hingga 2,56 meter lalu menyundul bola dan gol. Sebuah aksi luar biasa ditunjukkan Ronaldo.

Tentu saja ini bukan aksi pertama yang ditunjukkan Ronaldo. Saat masih bermain di Manchester United, aksi serupa pernah diperlihatkan di final Liga Champions 2008, saat mencetak gol ke gawang Chelsea.

Lantas, bagaimana semua itu bisa terjadi? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3

Analisis Ilmiah Lompatan Ronaldo

Ahli bidang olahraga dan terapi fisik, Dr. Rajpal Brar, membuat analisis tentang lompatan tinggi Cristiano Ronaldo. Dr. Rajpal Brar menguraikan hasil risetnya di kanal berbagai video YouTUBE, 3CB Performance.

Menurut Rajpal Brar, ada dua teknik yang dipakai Ronaldo saat melompat hingga dia bisa lebih tinggi dari pemain lain. Teknik pertama adalah melompat dengan satu kaki sebagai tumpuan.

Ada beberapa detail kecil yang sangat penting dalam menentukan tingginya lompatan Ronaldo. Baik itu waktu menggantung, ayunan lengan yang memberi kekuatan, dan lengkungan kaki sebagai pijakan.

Ronaldo melakukan semua gerakan dengan sempurna. Hasilnya, pemain asal Portugal itu mampu melompat hingga 2,56 meter. Bahkan, dalam catatan Rajpal Brar, lompatan itu lebih tinggi dari rata-rata lompatan pemain basket di NBA.

2 dari 3

Melompat Dengan Dua Kaki

Dari berbagai rekaman video yang dianalisis Rajpal Brar, Ronaldo tidak mengandalkan teknik lompatan satu kaki saja. Pemain yang pernah membela Manchester United juga mahir dengan teknik melompat dengan dua kaki.

Pada Euro 2016, di laga melawan Wales, Ronaldo memakai teknik ini dan hasilnya luar biasa.

Pada teknik ini, Ronaldo banyak bertumpu pada kekuatan otot ekstensor lutut dan pinggul, yang kemudian mundur seperti pegas untuk membuat transisi yang lebih cepat ke fase loncatan.

3 dari 3

Di balik Aksi Terbang Ronaldo

Kekuatan fisik menjadi modal utama bagi Ronaldo untuk melompat tinggi. Dia juga punya pemilihan waktu yang tepat kapan harus melompat dan mendapatkan tenaga maksimal. Namun, bukan hanya itu saja.

Rajpal Brar juga menyebut ada dua faktor lain yakni "keberanian dan mentalitas elit pemain."

Rajpal Brar mengakhiri catatan analisisnya dengan kesimpulan bahwa semua aksi Ronaldo adalah produk dari teknik atletic yang sempurna. Namun, semua itu tidak terjadi begitu saja. Ada latihan dan usaha keras untuk mencapai levelnya.

Sumber: Give me Sport