FOLLOW US:


Drama Kaio Jorge: Awalnya Pilih Milan, Lalu Teken Pra-Kontrak di Juve, Kini Punya Masalah Hukum

30-07-2021 08:19

 | Asad Arifin

Drama Kaio Jorge: Awalnya Pilih Milan, Lalu Teken Pra-Kontrak di Juve, Kini Punya Masalah Hukum
Pemain Santos, Kaio Jorge. © Santos Official

Bola.net - Kaio Jorge dipastikan membuat gempar bursa transfer musim panas 2021/2022, khususnya di Serie A. Awalnya, dia memilih pindah ke AC Milan. Lalu, kini dia meneken pra-kontrak dengan Juventus. Tapi, ada dugaan masalah hukum atas kontraknya di Santos.

Kaio Jorge menjadi bidikan banyak klub top Eropa usai tampil reguler bersama Santos sejak 2020 lalu. Pada usia 19 tahun, apa yang sudah dilakukan Kaio Jorge mendapat banyak perhatian. Dia dinilai punya skill yang mumpuni.

Setelah performa apiknya di level klub, Kaio Jorge jadi bidikan banyak klub top Eropa. Selain AC Milan dan Juventus, Benfica juga tertarik pada servis pemain kelahiran 24 Januari 2022 itu. Tapi, saga transfer Kaio Jorge bakal sangat rumit.

1 dari 4

Teken Pra-Kontrak dengan Juventus?

Awalnya, AC Milan lah yang berada di barisan terdepan untuk mendapatkan jasa Kaio Jorge. Milan sudah meminta izin pada Santos untuk bicara dengan Kaio Jorge. Rossoneri pun diklaim sudah mencapai kesepakatan verbal dengan sang pemain.

Namun, Milan belum membuat tawaran resmi pada kubu Santos. Pada situasi itu, datang Juventus yang kemudian juga mengajukan tawaran untuk mendekati Kaio Jorge.

Dikutip dari Football Italia, Juventus satu langkah di depan Milan dalam saga transfer ini. Juventus belum membuat tawaran resmi pada Santos. Tapi, Si Nyonya Tua sudah mendapat kesepakatan dengan Kaio Jorge. Bahkan, sudah ada perjanjian pra-kontrak yang diteken.

Perjanjian itu akan aktif pada 1 Januari 2022, di mana pihak Juventus mengklaim kontrak Kaio Jorge dengan Santos akan berakhir. Jadi, Juventus bisa mendapatkan jasa pemain timnas Brasil U-18 itu secara gratis pada awal tahun depan.

2 dari 4

Sengketa Hukum Kaio Jorge

Kaio Jorge meneken kontrak profesional dengan Santos pada usia 16 tahun. Kontrak diteken pada 2018 lalu. Sesuai dengan aturan FIFA, anak di bawah umur hanya boleh meneken kontrak berdurasi tiga tahun. Hal ini terjadi pada kasus Kaio Jorge.

Jadi, asumsi Juventus adalah kontrak Kaio Jorge dengan Santos berakhir pada 31 Desember 2021.

Namun, Santos punya klaim yang berbeda. Mereka mengklaim mendapat izin dari Federasi Sepak Bola Brasil [CBF] untuk mengontrak Kaio Jorge selama lima tahun. Kaio Jorge punya kontrak hingga 2023 dan FIFA diharapkan menghormati keputusan federasi lokal.

Nah, situasi inilah yang kemudian bisa membuat perjanjian pra-kontrak antara Juventus dan Kaio Jorge tidak sah. Di sisi lain, ada juga peluang pelanggalaran aturan FIFA jika memang Kaio Jorge dikontrak dengan durasi lima tahun.

3 dari 4

Penjelasan Santos

Tim hukum Santos, Sergio Canozzi, menerangkan jika pihak klub saat ini tidak berniat untuk menahan Kaio Jorge lebih lama lagi di klub. Santos siap melepas sang bomber muda. Namun, mereka juga punya syarat yang harus dipenuhi klub peminat.

"Kami membesarkan pemain dan menanggung biaya proses pertumbuhannya. Pemain memiliki kontrak dengan Santos hingga 2023. Kami sedang berbicara dengan berbagai klub dan menunggu tawaran datang," ucap Sergio Canozzi.

"Kami tidak ingin menahan Kaio Jorge, tetapi kami menunggu tawaran."

"Kami sedang berbicara dengan Juventus dan memberi tahu (Direktur, Federico) Cherubini bahwa jika dia ingin berbicara dengan Santos, dia dapat melakukannya melalui Marcelo Galan, yang berada di Italia sekarang," katanya.

4 dari 4

Bagaimana dengan Milan?

Selain Juventus, AC Milan juga membuat tawaran untuk bisa mendapatkan Kaio Jorge. Akan tetapi, kata Sergio Canozzi, belum ada tawaran resmi yang diajukan pada pihak klub.

"Benfica mengajukan tawaran, yang tidak diterima oleh agennya. Itu bisa ditingkatkan, tetapi Benfica mengalami masalah dengan apa yang terjadi pada Presiden mereka dan kami lebih suka bekerja dengan Italia, ke mana pemain ingin pergi."

"Saya belum melakukan kontak dengan Milan, saya tidak tahu apakah Marcelo melakukannya, karena dia memiliki wewenang kami untuk bernegosiasi di Italia dan Prancis. Saya tahu ada minat dari Monaco, tetapi kami tidak memiliki penawaran konkret."

"Dalam situasi normal, kami akan menjual Kaio ke Eropa seharga 20-25 juta euro, tanpa agen yang mengusulkan hal-hal aneh. Saat ini, tawaran 15 juta euro akan dipertimbangkan," tegas Sergio Canozzi.

Sumber: Football Italia, Sky Sport