Duo Milan Lawak Bareng, Napoli Segera Juara Liga Italia?

Richard Andreas | 25 Januari 2023 09:30
Duo Milan Lawak Bareng, Napoli Segera Juara Liga Italia?
Lautaro Martinez (tengah) dari Inter Milan dikepung pemain-pemain AC Milan (c) AP Photo

Bola.net - AC Milan dan Inter Milan sempat diprediksi bakal bersaing ketat dalam perebutan trofi Liga Italia musim 2022-2023. Nahas, kini setelah separuh musim, duo Milan justru kedodoran.

Dua musim terakhir, Milan dan Inter bergantian juara. Inter berhasil menjuarai Serie A 2020-2021 dengan performa yang sangat meyakinkan.

Musim berikutnya, 2021-2022, giliran AC Milan yang berhasil jadi Scudetto. Milan unggul tipis dari kejaran Inter di puncak klasemen.

Dalam dua musim tersebut, duo Milan bergantian jadi juara dan jadi runner-up Liga Italia, wajar jika mereka diprediksi bakal kembali mendominasi di musim 2022-2023, tapi faktanya tidak demikian. Kenapa?

1 dari 3 halaman

Duo Milan kedodoran

Milan dan Inter memang sempat menunjukkan semangat juang juara di awal musim, tapi keduanya lantas kehabisan bensin di tengah perjalanan.

Sang juara bertahan, AC Milan sudah menelan tiga kekalahan dan lima kali bermain imbang dalam 19 pertandingan musim ini. Inter tidak lebih baik, dengan catatan enam kekalahan.

Milan dan Inter jelas bermasalah dalam konsistensi dari pekan ke pekan. Terkadang mereka bisa bermain apik dan memetik kemenangan meyakinkan, tapi setelahnya kehilangan momentum karena main buruk.

Sebagai contoh, Rabu 25 Januari 2023 hari ini, Milan dihantam Lazio dengan skor telak 0-4. Selasa 24 Januari 2023 kemarin, Inter dibekuk Empoli 0-1 di kandang sendiri.

2 dari 3 halaman

Napoli jadi juara?

Ketika duo Milan bemasalah dengan konsistensi, ada Napoli yang justru bermain luar biasa dari pekan ke pekan. Meski tidak selalu sempurna, Napoli bisa bermain konsisten dan menjaga ritme.

Saat ini Napoli duduk nyaman di puncak klasemen sementara dengan 50 poin dari 19 pertandingan. Milan mengejar dengan 38 poin, Inter dengan 37 poin. Selisih poin keduanya masih sangat lebar.

Artinya, wajar menyebut Napoli sebagai favorit juara Serie A musim ini. Tidak ada pesaing berarti, pasukan Luciano Spalletti bermain rapi dan konsisten.

Napoli juga diuntungkan dengan kondisi rival-rival selain duo Milan. Juventus bermasalah dengan kasus di luar lapangandan baru saja kehilangan 15 poin. AS Roma masih belum mencapai level terbaiknya di bawah Jose Mourinho.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR