FOLLOW US:


Eks Juventus Sebut VAR Sebagai Lelucon

06-10-2017 12:45
Eks Juventus Sebut VAR Sebagai Lelucon
Wasit Serie A sedang melihat tayangan ulang lewat VAR. © JFC

Bola.net - Mantan pemain Juventus, Massimo Mauro memberikan kritik terhadap penerapan teknologi Video Assistant Referee (VAR) yang diterapkan di pertandingan Serie A.

VAR memang mulai diterapkan di pertandingan-pertandingan Serie A mulai musim ini. Penerapan ini tak lepas dari keinginan komite wasit untuk meminimalisir kesalahan dalam memutuskan pelanggaran dalam sebuah pertandingan.

Namun belum lama diperkenalkan, VAR telah menuai banyak kontroversi. Sebagaimana pekan lalu, saat pertandingan antara Atalanta melawan Juventus di mana beberapa keputusan wasit dengan bantuan VAR justru dipertanyakan.

"VAR adalah sebuah lelucon dan apa yang anda lihat di TV adalah fiksi dibandingkan dengan apa yang terjadi di lapangan. Bila anda menarik jersey atau mendorong pemain, wasit bisa tahu apakah itu cukup untuk menjatuhkannya atau tidak," ujar sosok yang kini menjadi pandit Sky Sport Italia tersebut.

"Akan lebih baik untuk menghapus VAR, karena ini telah diletakkan di tangan birokrat yang tak mengerti sepakbola. Satu-satunya hal yang masuk akal adalah teknologi garis gawang," sambungnya.

Sebelumnya, pihak kepala Sky Sport Italia sendiri telah menegaskan lebih jauh dengan merilis pernyataan resmi bahwa mereka mendukung penerapan VAR.