FOLLOW US:


Fix, Giorgio Chiellini Baru Bisa Kembali Merumput Bulan Maret 2020

04-09-2019 05:30

 | Yaumil Azis

Fix, Giorgio Chiellini Baru Bisa Kembali Merumput Bulan Maret 2020
Giorgio Chiellini menetak gol pada laga Parma vs Juventus pada pekan pertama Serie A musim 2019/2020, Sabtu (24/8/2019). © AP Photo

Bola.net - Bek sekaligus kapten Juventus, Giorgio Chiellini, baru-baru ini melaui operasi cedera anterior cruciate ligament (ACL). Proses pemulihan membuat pemain berumur 35 tahun itu dipastikan absen selama enam bulan.

Chiellini mendapati cedera tersebut saat sedang menjalani sesi latihan pada hari Jumat (30/8/2019) pekan lalu. Akibatnya, ia tak bisa turut serta dalam laga pekan kedua Serie A kontra Napoli yang digelar dua hari setelahnya.

Cedera itu juga membuat Juventus harus mengubah rencananya menjelang penutupan bursa transfer musim panas ini. Setelah sempat dirumorkan akan memboyong Jerome Boateng, Bianconeri lantas mengurungkan niat dan memilih mempertahankan Daniele Rugani.

Perkara cederanya Chiellini juga mempengaruhi Timnas Italia jelang melakoni laga-laga kualifikasi Piala Eropa 2020. Sang pelatih, Roberto Mancini, lantas menariknya dari skuat dan mendaftarkan bek Lazio, Francesco Acerbi, sebagai penggantinya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Absen Enam Bulan

Sementara itu, Juventus mengirim Chiellini ke Austria untuk menjalani operasi cedera ACL yang dideritanya. Setelah melakukan operasi, klub mengeluarkan pernyataan resmi yang menyebutkan bahwa sang bek harus absen hingga enam bulan ke depan.

"Sore ini, Giorgio Chiellini menjalani operasi untuk merekonstruksi anterior cruciate ligament di lutut kanannya," buka pernyataan klub perihal operasi Chiellini melalui situs resminya.

"Operasinya, yang dilakukan di Hochrum clinic di Innsbruck oleh Professor Christian Fink di hadapan dokter Juventus, Dr. Tzouroudis, berjalan dengan sukses. Waktu pemulihan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan," lanjutnya.

2 dari 2

Berpeluang Tampil di Liga Champions

Bila semuanya berjalan sesuai dengan rencana, maka Chiellini baru akan merumput kembali pada bulan Maret mendatang. Ia masih bisa ikut serta dalam ajang Liga Champions jika Juventus berhasil mencapai babak perempat final.

Pada musim ini, Chiellini baru mencatatkan satu penampilan di ajang Serie A melawan Parma pada pekan pembuka. Ia berhasil mencetak satu-satunya gol di pertandingan tersebut dan membuat Juventus menang tipis 1-0.

Posisinya sendiri, kemungkinan besar, bakalan diisi oleh Matthijs De Ligt. Bek asal Belanda tersebut diboyong dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas ini dengan mahar mencapai 85 juta euro.

(Goal International)