FOLLOW US:


Hasil Pertandingan AS Roma vs Lazio: Skor 3-1

29-09-2018 22:00
Hasil Pertandingan AS Roma vs Lazio: Skor 3-1
Lorenzo Pellegrini bantu Roma kalahkan Lazio © AFP

Bola.net - AS Roma dan Lazio saling berhadapan dalam Derby della Capitale di Stadio Olimpico pada giornata 7 Serie A 2018/19, Sabtu (29/9). Roma menang 3-1 atas sang rival sekota.

Roma membuka keunggulan lewat back-heel pemain pengganti Lorenzo Pellegrini di menit 45. Lazio sempat menyamakan kedudulan melalui gol Ciro Immobile di menit 67, tapi Roma mencetak dua gol tambahan lewat tendangan bebas Aleksandar Kolarov menit 71 dan sundulan Federico Fazio menit 86.

Berikutnya, kedua tim akan turun di Eropa. Roma akan menjamu Viktoria Plzen di Liga Champions matchday 2, sedangkan Lazio akan main tandang lawan Eintracht Frankfurt di Liga Europa.

Tengah pekan kemarin, Roma menghabisi Frosinone di Olimpico 4-0 dan akhirnya meraih kemenangan setelah tanpa satupun kemenangan dalam lima laga sebelumnya di semua ajang. Roma mendapatkan kembali kepercayaan diri mereka tepat sebelum bentrokan kontra sang rival sekota, yang selalu menang dalam lima laga terakhirnya di semua ajang.

Untuk laga melawan Lazio ini, Di Francesco memutuskan memakai sistem 4-2-3-1, menempatkan Javier Pastore di posisi terbaiknya. Pastore dipasang di belakang striker tunggal Edin Dzeko, bekerja sama dengan Stephan El Shaarawy dan Alessandro Florenzi sebagai kreator serangan.

Di pihak Lazio, pelatih Simone Inzaghi memilih skema yang agak defensif. Dia mempertebal barisan tengah dengan skema 3-5-1-1, meninggalkan Luis Alberto dan Immobile di posisi ofensif.

Di babak pertama, Lazio unggul tipis dalam hal penguasaan bola. Lazio juga membukukan jumlah tembakan lebih banyak, delapan berbanding enam. Namun justru Roma yang berhasil mencuri keunggulan.

Ini semua diawali sebuah momen yang tak menyenangkan bagi Roma, yakni cederanya Pastore di menit 30-an. Di Francesco terpaksa melakukan pergantian awal. Pellegrini masuk menggantikan Pastore, tapi itu rupanya membawa berkah bagi Roma. Beberapa saat sebelum jeda, memanfaatkan operan panjang dari wilayah sendiri yang memicu sebuah kemelut di jantung pertahanan Lazio, Pellegrini menyarangkan bola ke gawang dengan back-heel yang brilian.

Kedua tim sama-sama mencoba meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Roma berusaha mencari gol kedua, sedangkan Lazio memburu gol penyama kedudukan.

Lazio lah yang mendapatkan gol balasan, meski harus menunggu hingga menit menit 67 untuk melakukannya. Diawali kecerobohan Fazio, Immobile bisa mencuri bola dan menggiringnya ke dalam kotak penalti, lalu menaklukkan Olsen untuk mengubah skor jadi 1-1.

Namun kedudukan sama kuat ini hanya bertahan empat menit. Pada menit 71, Roma mendapatkan hadiah tendangan bebas di ujung kotak penalti Lazio. Kolarov, yang notabene merupakan mantan pemain Lazio, maju sebagai eksekutor dan melepaskan sebuah tendangan bebas keras yang membelah pagar hidup Biancoceleste dan tak mampu dihentikan oleh Thomas Strakosha.

Itu adalah gol pertamanya melawan Lazio dengan seragam Roma. Kolarov pun menjadi pemain kedua setelah Arne Selmosson yang pernah mencetak gol untuk Roma dan Lazio di Derby della Capitale.

Gelombang serangan Roma tak berhenti sampai di situ. Lima menit jelang habis waktu normal, Pellegrini mengirim crossing dengan tendangan bebas dari sisi kanan ke tiang jauh dan dituntaskan oleh Fazio dengan sebuah tandukan tajam. Fazio menebus kesalahannya dengan membawa Roma unggul 3-1, yang bertahan hingga peluit panjang.