FOLLOW US:


Inikah Pertanda Juventus Bukan 'La Fidanzata d'Italia' Lagi?

19-11-2020 06:37

 | Yaumil Azis

Inikah Pertanda Juventus Bukan 'La Fidanzata d'Italia' Lagi?
Pemain Juventus merayakan golnya ke gawang Sampdoria dalam laga pekan perdana Serie A, Senin (21/9/2020) dinihari. © AP Photo

Bola.net - Italia berhasil meraih kemenangan atas Bosnia dalam laga UEFA Nations League yang digelar pada Kamis (19/11/2020) dinihari tadi. Tim berjuluk Gli Azzuri tersebut keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.

Meski bermain di markas Bosnia dan ditemani oleh pelatih interim, Alberico Evani, Gli Azzurri tetap tidak gentar. Mereka bahkan memperoleh gol pertamanya pada menit ke-22 lewat aksi Andrea Belotti.

Gli Azzurri butuh waktu sampai menit ke-68 untuk bisa mendapatkan gol keduanya dalam pertandingan tersebut. Pemain Sassuolo, Domenico Berardi, berhasil menjebol gawang Bosnia berkat bantuan Manuel Locatelli.

Hasil itu membuat Italia bertengger di puncak klasemen League A Group 1 dengan koleksi 12 poin. Mereka tidak pernah menelan kekalahan dari enam pertandingan dan unggul satu poin atas Belanda.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Tidak Ada Juventus di Starting XI

Pada pertandingan kali ini, Italia tidak bisa memainkan dua bek veteran, Leonardo Bonucci. Pemain berusia 33 tahun tersebut dipulangkan ke klubnya, Juventus, karena cedera sebelum sempat bermain bersama Gli Azzurri.

Federico Bernardeschi menjadi satu-satunya pemain Bianconeri yang tersisa di skuad Italia. Namun, mantan penggawa Fiorentina tersebut baru bermain pada babak kedua untuk menggantikan Domenico Berardi.

Dengan demikian, Italia bermain melawan Bosnia tanpa satupun pemain Juventus dalam starting XI-nya. Perlu diketahui bahwa ini bukan kali pertama Bianconeri tidak menyumbangkan pemain ke starting XI Gli Azzurri.

Menurut catatan, Italia sudah menurunkan starting XI tanpa pemain Juventus sebanyak empat kali. Dua di antaranya dilakukan pada enam pertandingan terakhirnya.

2 dari 2

Bukan Lagi 'Kekasih Italia'

Fakta ini seolah menunjukkan bahwa Juventus tidak lagi menjadi 'Kekasih Italia'. Padahal, kesuksesan Italia yang tercatat dalam sejarah hampir tidak pernah lepas dari peran klub yang sekarang diasuh Andrea Pirlo tersebut.

Gelar 'kekasih Italia', yang dalam bahasa Italia berarti La Fidanzata d'Italia, pernah disematkan kepada Juventus. Sebab mereka selalu dihuni oleh talenta-talenta lokal terbaik mulai dari Alessandro Del Piero hingga Gianluigi Buffon.

Kehadiran pemain Italia di Juventus secara perlahan telah tergerus, terutama sejak dominasi mereka di kompetisi domestik dimulai pada tahun 2011 lalu. Sekarang Juventus hanya memiliki tujuh pemain berdarah italia.

Tidak semuanya bertindak sebagai pemain inti. Hanya Federico Chiesa dan Leonardo Bonucci yang tampil secara reguler belakangan ini. Giorgio Chiellini kerap berurusan dengan cedera sementara Gianluca Frabotta, Gianluigi Buffon, Carlo Pinsoglio, dan Bernardeschi kerap duduk di bangku cadangan.

(Football Italia)