FOLLOW US:


Kembali, Maurizio Sarri Disama-samakan dengan Josep Guardiola

15-11-2019 03:28

 | Yaumil Azis

Kembali, Maurizio Sarri Disama-samakan dengan Josep Guardiola
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. © Juventus FC

Bola.net - Pelatih Juventus, Maurizio Sarri, kembali disama-samakan dengan Josep Guardiola yang merupakan nahkoda Manchester City. Namun kali ini, perbandingannya terlontar dari mulut seseorang yang lebih meyakinkan.

Skema 'Sarriball' yang sempat meledak di Inggris kala Sarri menukangi Chelsea membuatnya sering disama-samakan dengan Guardiola. Sebab, skema tersebut secara sekilas mirip dengan taktik 'tiki-taka' terapan Guardiola selama masih menukangi Barcelona.

'Tiki-taka' adalah skema operan cepat antar pemain yang membawa Barcelona meraih serangkaian gelar, seperti La Liga dan Liga Champions. Dalam taktik tersebut, para pemain tidak menguasai bola terlalu lama.

Sama halnya dengan metode 'Sarriball' terapan mantan pelatih Napoli tersebut. Para pemainnya juga tidak menguasai bola terlalu lama. Tetapi, perbedaannya menurut beberapa orang, bola dalam skema 'Sarriball' bergerak secara horizontal, sementara 'Tiki-taka' bergerak vertikal.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Sarri Mirip dengan Guardiola

Terlepas dari itu, baik Sarri dan Guardiola merupakan pelatih yang sangat memperhatikan taktik secara mendetail. Bagaimanapun juga, keduanya belajar dari guru yang sama, Arrigo Sacchi.

Hal itulah yang membuat bek asal Brasil, Danilo, tidak merasa kesulitan beradaptasi dengan Juventus. Seperti yang diketahui, Danilo merupakan rekrutan dari Manchester City pada musim panas kemarin.

"Sarri memiliki gagasan yang modern, dia senang mempertahankan garis pertahanan yang tinggi dan menginginkan kami menahan bola," tutur Danilo kepada Globo Esporte.

"Dalam kasus ini, tidak banyak perubahan untuk saya dan saya merasa sangat termudahkan. Sarri dan Guardiola sangat mirip dari berbagai sisi, terutama soal ketelitian dalam pendekatan taktik dan pergerakan," lanjutnya.

2 dari 2

Bedanya Sarri dan Guardiola

Kendati demikian, bukan berarti Guardiola dan Sarri tidak memiliki perbedaan. Danilo bisa melihat dengan jelas pendekatan apa yang berbeda di antara kedua sosok tersebut.

"Semuanya terasa mekanis di City, bekerja pada setiap langkah dan setiap inci. Di sisi lain, Sarri lebih elastis, ia memberikan kebebasan kepada inisiatif dari individu," tambahnya.

"Bagaimanapun juga, modelnya tetap sama dan membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan itu. Butuh waktu dua tahun [untuk terbiasa] dengan Guardola. Saya pikir Juventus ini, terlepas belum lama bersama mereka, sedang berada di jalur yang tepat," tutupnya.

(Football Italia)