FOLLOW US:


Keren, Andrea Pirlo Lulus Pendidikan Kepelatihan dengan Nilai Nyaris Sempurna!

17-09-2020 01:23

 | Yaumil Azis

Keren, Andrea Pirlo Lulus Pendidikan Kepelatihan dengan Nilai Nyaris Sempurna!
Andrea Pirlo © Juventus FC

Bola.net - Fans Juventus nampaknya bisa bernafas lega. Sebab meski Andrea Pirlo tidak memiliki pengalaman melatih, namun ia punya modal nilai nyaris sempurna saat menjalani kursus kepelatihan beberapa waktu lalu.

Pirlo memulai proses pendidikannya untuk mendapatkan UEFA Pro License di Coverciano pada bulan Agustus 2019 lalu. Lisensi itu pun berada di tangannya pada Senin (14/9/2020) waktu setempat usai menjalani ujian terakhirnya.

Dengan ini, Pirlo bisa melatih Juventus dengan nafas lega. Namun fans Bianconeri yang dibuat ketar-ketir, sebab Pria berusia 41 tahun tersebut belum memiliki pengalaman di dunia kepelatihan sama sekali.

Perlu diketahui kalau klub pertama Pirlo pasca pensiun adalah Juventus U-23 yang berpartisipasi di Serie C. Namun, sembilan hari setelah pengangkatannya, ia justru dipromosikan ke tim utama untuk menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat,

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Nilai yang Nyaris Sempurna

Minimnya kesempatan melatih membuat fans Juventus jadi ketar-ketir, apalagi mereka sangat menginginkan trofi juara Liga Champions. Kualitas racikan strategi Pirlo belum benar-benar teruji.

Untungnya ada sedikit kabar yang menggembirakan. Pirlo diketahui mendapatkan nilai kedua tertinggi dalam kursus kepelatihan di Coverciano dan nyaris mengantongi angka sempurna!

Pirlo berhasil mendapatkan nilai 107 dari 110 pada ujian terakhirnya. Kedua terbaik setelah mantan pelatih Genoa, Thiago Motta, yang mengantongi skor 108.

2 dari 2

Isi Tesis Pirlo

Ujian tersebut bukan satu-satunya syarat kelulusan Pirlo. Ia juga diharuskan membuat sebuah tesis. Dalam hal ini, pria yang juga pernah memperkuat AC Milan sewaktu masih aktif bermain itu punya judul pembahasan menarik.

"Tesis Pirlo menganalisis - menggunakan istilah yang ditulis oleh pelatih sendiri - adaptasi konteks permainan yang kian cair," buka pernyataan yang terlampir di situs resmi federasi sepakbola Italia, FIGC.

"Pada kenyataannya, dalam sepakbola modern, 'makna peran sedang berubah. Bukan lagi posisi tetap yang mengidentifikasi karakteristik seorang pemain, tapi lebih kepada perbedaan fungsi dan oleh karena itu seorang pemain bisa dikenali lewat tugas yang dilakukan di pertandingan."

Menarik untuk dilihat bagaimana racikan strategi Pirlo di Juventus nanti. Aksi perdananya bisa disaksikan pada hari Senin (21/9/2020) mendatang di laga pekan perdana Serie A, dengan Sampdoria sebagai lawannya.

(Goal International)