FOLLOW US:


Liga Europa Bukan Faktor yang Bisa Bikin Cristiano Ronaldo Pindah dari Juventus

11-05-2021 15:19

 | Asad Arifin

Liga Europa Bukan Faktor yang Bisa Bikin Cristiano Ronaldo Pindah dari Juventus
Cristiano Ronaldo © LaPresse via AP

Bola.net - Cristiano Ronaldo dikhawatirkan bakal meninggalkan Juventus musim depan. Situasi tersebut mungkin terjadi andai Juventus gagal lolos ke Liga Champions dan bermain di Liga Europa musim depan.

Musim 2020/2021 berjalan cukup sulit bagi Juventus. Mereka kehilangan gelar juara Serie A yang diraih sembilan musim beruntun. Musim ini, scudetto jatuh ke peluang Inter Milan yang tampil bagus.

Bukan hanya kehilangan gelar, Juventus mungkin juga tidak akan finis di empat besar. Pada pekan ke-35, Juventus berada di posisi ke-5 klasemen dengan 69 poin. Juventus tertinggal satu poin dari Napoli di atasnya.

1 dari 2

Ronaldo Pindah Gara-gara Liga Europa?

Gagal bermain di Liga Champions bakal membawa dampak besar bagi Juventus. Bukan hanya dari aspek finansial, tapi juga potensi bakal ditinggal pemain kunci. Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo.

"Saya rasa itu [kepindahan Ronaldo] tergantung pada hubungan pribadinya dengan rekan satu timnya dan bagaimana perasaannya tentang kehidupan di Turin," kata mantan bintang Serie A, Jurgen Klinsmann, pada ESPN.

"Ini juga tentang situasi keluarganya di sana," sambungnya.

Klinsmann yakin faktor personal bakal sangat menentukan bagi masa depan Ronaldo di Juventus. Dia tidak yakin bahwa Ronaldo akan membuat keputusan berdasar di mana klub akan bermain musim depan.

"Anda tidak bisa selalu membuat setiap keputusan bergantung pada apakah itu Liga Europa atau Liga Champions," tegasnya.

2 dari 2

Faktor Finansial

Selain itu, mantan bomber timnas Jerman juga menyebut alasan finansial sebagai faktor yang menentukan masa depan Ronaldo. Jika Juventus mulai kesulitan membayar gajinya, maka bukan tidak mungkin keduanya akan berpisah.

"Jelas, situasi keuangan adalah diskusi yang sangat berbeda untuk Juventus. Sekarang European Super League [ESL] gagal total dan itu membawa dampak," katanya.

"Saya pribadi berharap dia tetap di Juventus, bahkan jika mereka akan bermain Liga Europa, dan melanjutkan pekerjaannya di sana," tutup Klinsmann.

Sumber: ESPN