Potensi Starting XI Terkuat Juventus Musim 2022/2023: Lini Depan Mewah, tapi Pelatihnya Allegri

Asad Arifin | 12 Agustus 2022 07:12
Skuat Juventus merayakan gol Dusan Vlahovic ke gawang Lazio di laga pekan ke-37 Serie A 2021-22 di Allianz Stadium, Selasa (17/05/2022). (c) LaPresse via AP Photo

Bola.net - Keseriusan Juventus membenahi tim di musim panas jadi sinyal bahwa mereka ingin bersaing kembali memperebutkan Scudetto 2022/2023. Total enam pemain baru didatangkan dan berpotensi masih bertambah sebelum bursa transfer musim panas ditutup.

Sejumlah nama-nama besar berhasil didatangkan, membuat skuad Si Nyonya Tua tampak mewah. Kedatangan Paul Pogba dari Manchester United dan Angel Di Maria dari Paris Saint-Germain secara gratis menjamin kemewahan skuad.

Dengan komposisi skuad yang ada saat ini, Juventus bisa memainkan formasi pakem 3-5-2 atau beralih menggunakan 4-5-1. Sebab, kehilangan Matthijs De Ligt dan Giorgio Chiellini di lini belakang dapat mempengaruhi cara bermain anak asuh Massimiliano Allegri.

Selama pramusim, Juventus tampaknya sedang mengasah kemampuan bermain dengan sistem empat bek. Jadi perkiraan susunan sebelas pertama di bawah akan menggunakan formasi 4-5-1.

Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya, Bolaneters!

1 dari 5 halaman

Kiper

Wojciech Szczesny saat bermain di laga Juventus vs AS Roma di Allianz Stadium, Senin (18/10/2021) dini hari WIB. (c) LaPresse via AP Photo

Wojciech Szczesny

Kiper berusia 31 tahun ini dipastikan tidak akan kehilangan tempat utama di posisi penjaga gawang Juventus. Musim lalu, Szczesny tampil sebanyak 40 kali atau kiper yang paling banyak mendapat kesempatan tampil.

Namun demikian, posisinya di awal musim tampak akan tergantikan oleh kiper lapis kedua antara Mattia Perin atau Carlo Pinsoglio.

Szczesny dikabarkan mendapat cedera di sesi pramusim. Ia harus absen setidaknya sampai 30 Agustus 2022 mendatang. Selepas itu, jika segera pulih, eks kiper Arsenal itu akan segera jadi pilihan utama lagi.

2 dari 5 halaman

Bek

Gleison Bremer berebut bola dengan Robert Lewandowski di laga Juventus vs Barcelona di Cotton Bowl Stadium, Dallas, Amerika, Rabu (27/07/2022). (c) AP Photo

Juan Cuadrado

Cuadrado adalah pilihan utama di posisi wing back kanan dengan 45 kali penampilan. Maka ketika beralih harus menggunakan bek kanan, pemain berusia 33 tahun ini tetap akan dapat tempat utama.

Leonardo Bonucci

Pemain yang sudah memperkuat Juventus selama 11 tahun ini dipastikan akan dapat satu tempat lagi di tim utama musim depan. Pengalaman dan kepemimpinannya akan diperlukan bagi seluruh skuad.

Gleison Bremer

Kepergian De Ligt membuat Juventus mencari penggantinya. Sosok tersebut adalah Bremer yang didatangkan dari Torino. Dengan cap sebagai bek terbaik di Liga Italia saat ini, pemain asal Brasil ini akan sering terlihat di susunan sebelas pertama.

Alex Sandro

Siapa lagi bek kiri Juventus yang paling bisa diandalkan selain Alex Sandro? Pemain berusia 30 tahun ini hanya tergantikan jika mendapat cedera. Mattia De Sciglio belum jadi lawan sepadan bagi Alex untuk mendapat tempat utama.

3 dari 5 halaman

Gelandang

Angel Di Maria (c) Juventus FC

Federico Chiesa

Chiesa memang masih dibekap cedera dan akan kembali pada awal Oktober 2022. Kembalinya pemain berusia 24 tahun itu akan membuat posisi di sayap kanan segera menjadi jaminan. Untuk sementara ini, posisi sayap kanan bisa diisi oleh Angel Di Maria.

Manuel Locatelli

Locatelli dengan cepat jadi idola baru di Juventus sejak didatangkan dari Sassuolo. Ia sudah bermain sebanyak 43 kali di seluruh ajang musim lalu. Itu berarti, tempatnya masih akan akan aman di musim ini dengan Massimiliano Allegri tetap berada di kursi kepelatihan.

Paul Pogba

Pogba didatangkan tentu dengan suatu alasan, apa lagi kalau bukan jadi pemain inti di lini tengah Juventus. Sayangnya, Pogba kini dibekap cedera selama kurang lebih dua bulan, sehingga satu posisi di lini tengah bisa saja digantikan calon pemain Leandro Paredes atau Denis Zakaria.

Leandro Paredes

Di tengah kabar akan keluarnya Adrien Rabiot, Paredes menyeruak masuk jadi calon pemain Juventus. Kepastian transfernya pun hampir rampung. Jika jadi bergabung, maka pemain Argentina ini dipastikan akan menjamin satu tempat di lini tengah.

Angel Di Maria

Dengan formasi empat bek, Di Maria dapat kembali dimaksimalkan di sisi sayap, tidak harus bergantung pada wing back. Di Maria sendiri sebenarnya dapat beroperasi di dua sayap. Dengan cederanya Chiesa yang mengharuskannya bergeser ke kanan, posisi sayap kiri kemungkinan besar akan diisi oleh Filip Kostic terlebih dahulu.

4 dari 5 halaman

Penyerang

Aksi Dusan Vlahovic di final Coppa Italia 2021-22 antara Juventus vs Inter Milan di Stadio Olimpico, Kamis (12/05/2022). (c) AP Photo

Dusan Vlahovic

Posisi penyerang tengah tampak tidak akan terjadi persaingan sengit karena Vlahovic dipastikan akan mendapatkan posisi tersebut. Apalagi semenjak kepergian Alvaro Morata dan Paulo Dybala, serta ketiadaan penyerang baru membuat posisi ini aman dari kuasa Vlahovic.

Pesaing terdekat pemain berusia 22 tahun ini hanyalah seorang Moise Kean dan Kaio Jorge.

Eks pemain Fiorentina ini dengan cepat jadi tumpuan Juventus di setengah musim lalu, ia mencatatkan 21 penampilan dan 9 gol. Dengan masa adaptasi yang semakin banyak, Vlahovic bisa saja memberi impak yang lebih besar di musim ini.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR