Sassuolo vs AC Milan: 6 Alasan Scudetto Takkan Lepas dari Genggaman

Gia Yuda Pradana | 21 Mei 2022 19:19
Selebrasi pemain-pemain AC Milan (c) AP Photo

Bola.net - Pemimpin klasemen AC Milan akan menghadapi tuan rumah Sassuolo pada pekan terakhir (pekan 38) Serie A 2021/22, Minggu 22 Mei 2022. Pertandingan Liga Italia di Mapei Stadium ini dijadwalkan kick-off jam 23:00 WIB.

Scudetto ke-19, yang pertama sejak 2010/11, sudah berada di depan mata Milan. Laga kontra Sassuolo ibarat final. Bagi Milan, di laga ini, mereka tak boleh sampai kalah.

Dengan keunggulan dua poin atas peringkat dua dan juara bertahan Inter Milan, Rossoneri hanya butuh tambahan satu poin lagi untuk jadi juara. Sebab, mereka unggul head-to-head atas sang rival sekota.

Imbang lawan Sassuolo, meski Inter menang saat menjamu Sampdoria, sudah cukup bagi Milan untuk menjadi juara. Namun, Milan tentunya takkan mengincar hasil imbang. Kemenangan adalah target mutlak.

Scudetto pun sepertinya takkan lepas dari genggaman Milan. Berikut beberapa alasannya.

1 dari 6 halaman

Karena Mainnya di Kandang Sassuolo

Sassuolo vs AC Milan, Serie A 2020/21 (c) LaPresse via AP Photo

Alasan pertama adalah karena laga penentuan ini akan digelar di kandang Sassuolo. Kenapa demikian?

Pada pekan ke-14 musim ini, Milan dipermalukan Sassuolo 1-3 di San Siro. Dengan hasil itu, berarti Milan sudah kalah enam kali dan menang sembilan kali dalam 17 pertemuan kontra Sassuolo di Serie A (M9 S2 K6).

Dari sembilan kemenangan itu, empat diraih Milan di San Siro, sedangkan lima mereka raih di kandang Sassuolo. Mereka justru lebih sering menang di kandang Sassuolo daripada di San Siro.

Musim lalu, Milan menang 2-1 di kandang Sassuolo, kemudian kalah 1-2 di San Siro. Apakah musim ini, setelah kalah 1-3 di San Siro, mereka akan membalasnya dengan kemenangan 3-1 di kandang Sassuolo?

2 dari 6 halaman

Lima Kemenangan Beruntun di Kandang Sassuolo

Sassuolo vs AC Milan, Serie A 2020/21 (c) La Presse via AP Photo

Seperti disebutkan di atas, Milan punya catatan bagus di kandang Sassuolo. Milan tercatat selalu menang dalam lima laga tandang terakhirnya melawan Sassuolo di Serie A.

Sassuolo vs AC Milan di Serie A:

  • 2020/21 Sassuolo 1-2 AC Milan
  • 2019/20 Sassuolo 1-2 AC Milan
  • 2018/19 Sassuolo 1-4 AC Milan
  • 2017/18 Sassuolo 0-2 AC Milan
  • 2016/17 Sassuolo 0-1 AC Milan
  • 2015/16 Sassuolo 2-0 AC Milan
  • 2014/15 Sassuolo 3-2 AC Milan
  • 2013/14 Sassuolo 4-3 AC Milan.
3 dari 6 halaman

Sassuolo Tak Terlalu Istimewa di Kandang

Pemain Sassuolo, Gianluca Scamacca dan Giacomo Raspadori (c) AP Photo

Sassuolo tak terlalu istimewa di laga-laga kandang. Dalam 18 laga kandang yang sudah mereka mainkan di Serie A musim ini, pencapaian mereka seimbang.

Sassuolo menang enam kali, seri enam kali, dan kalah enam kali (M6 S6 K6), mencetak 27 gol dan kebobolan juga 27 gol.

Sassuolo bahkan selalu gagal menang dalam dua laga kandang terakhirnya, yakni kalah 1-2 dari Juventus dan imbang 1-1 dengan Udinese.

4 dari 6 halaman

Milan Punya Pertahanan Solid

AC Milan (c) AP Photo

Salah satu kekuatan Milan musim ini adalah lini pertahanan mereka yang solid. Sejauh ini, bersama Napoli, Milan merupakan tim dengan angka kebobolan paling kecil di Serie A 2021/22 (masing-masing 31 gol).

Sepuluh pertandingan terakhir di Serie A bahkan dilalui Milan dengan delapan kali clean sheet (tak kebobolan). Selama periode itu, pasukan Stefano Pioli cuma kebobolan ketika menang 2-1 atas Lazio dan 3-1 atas Verona.

5 dari 6 halaman

15 Laga Tak Terkalahkan

Selebrasi pelatih Stefano Pioli dan pemain-pemain AC Milan (c) AP Photo

Milan tak terkalahkan dalam 15 laga terakhirnya di Serie A. Mereka menang sepuluh kali dan seri lima kali (M10 S5 K0).

Milan juga selalu menang dalam lima yang terkini, di mana mereka berturut-turut menghantam Genoa 2-0, Lazio 2-1, Fiorentina 1-0, Verona 3-1, dan Atalanta 2-0.

Lawan-lawan berat sudah mereka taklukkan. Dengan performa seperti itu, Milan pun layak difavoritkan untuk meraih hasil terbaik di kandang Sassuolo dan menjuarai Serie A.

6 dari 6 halaman

Tak Mau Lagi Lihat Inter Juara

Para suporter AC Milan (c) AP Photo

Musim lalu, Inter harus rela melihat Inter Milan meraih Scudetto dan memutus dominasi sembilan musim Juventus di Serie A. Musim lalu, Inter meraih Scudetto mereka yang ke-19, terbanyak kedua setelah Juventus (36).

Musim ini, Inter sudah menjuarai Supercoppa Italiana dan Coppa Italia. Milan tentu tak ingin melihat rival sekotanya itu juga sampai berjaya di Serie A dengan menyalip mereka.

Scudetto ke-19 (sama dengan jumlah yang diraih Inter) sudah berada di depan mata Milan. Scudetto pertama untuk Milan sejak musim 2010/11 ini sudah berada dalam jangkauan mereka.

Para penggawa Rossoneri pastinya siap berjuang habis-habisan demi memastikan Scudetto tidak lepas dari genggaman di saat-saat terakhir. Ini bukan cuma buat mereka sendiri, tapi juga demi para Milanisti.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR