FOLLOW US:


Taktik Aneh Andrea Pirlo dan 5 Pemain yang Dibuat Menderita di Juventus

06-03-2021 20:15

 | Asad Arifin

Taktik Aneh Andrea Pirlo dan 5 Pemain yang Dibuat Menderita di Juventus
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo © LaPresse via AP

Bola.net - Andrea Pirlo menerapkan taktik yang tidak lazim bersama Juventus. Ada beberapa pemain yang tampil bagus seperti Federico Chiesa. Tapi, ada juga pemain yang jadi korban.

Bersama Pirlo, Bianconeri adalah tim yang mencari identitas baru. Mereka sangat sukses di dalam negeri dan belakangan ini, mereka mencoba mengadopsi perubahan gaya baru.

Pirlo hampir selalu memakai formasi 3-5-2 bersama Juventus. Namun, masalahnya bukan pada formasi itu melainkan kegemaran Pirlo memainkan pemain tidak dalam posisi terbaiknya atau untuk tugas yang aneh.

Pirlo menyebut peran Chisea adalah penyerang yang melebar, tapi bukan winger. Lalu, ada Danilo yang dimainkan sebagai bek tengah tapi pada waktu yang sama juga bertugas sebagai wingback.

Dan, berikut adalah lima pemain Juventus yang menderita di bawah asuhan Andrea Pirlo.

1 dari 5

Douglas Costa

Douglas Costa
Douglas Costa © JFC

Dipinjamkan ke Bayern Munchen, Douglas Costa yang berusia 30 tahun berusaha kembali ke tim utama Juventus saat nantinya kembali. Hanya saja sulit rasanya, karena ia sendiri kesulitan mendapatkan waktu bermain di Bayern Munchen.

Douglas Costa baru memulai enam pertandingan untuk Bayern Munchen musim ini dan telah keluar dari bangku cadangan pada 13 kesempatan. Dia menderita cedera metatarsal dua minggu lalu dan terpaksa menepi dari lapangan.

Andrea Pirlo sudah menganggap Costa surplus skuat Juventus musim panas lalu. Pirlo juga mengadopsi pendekatan yang berpusat pada pemuda dan kemungkinan besar akan menggunakan pemain Brasil itu sebagai pemain pengganti dalam kesepakatan untuk salah satu target transfer mereka di jendela transfer musim panas mendatang.

2 dari 5

Mattia De Sciglio

Mattia De Sciglio
Mattia De Sciglio © Juventus FC

Bek sayap Juventus berusia 28 tahun Mattia De Sciglio saat ini dipinjamkan ke klub Ligue 1 Olympique Lyon. De Sciglio hanya tampil satu kali sebagai pemain pengganti di paruh pertama musim sebelum dikirim ke Lyon dengan status pinjaman pada bulan Oktober.

De Sciglio juga bukan starter reguler di Lyon. Dia telah muncul dari bangku cadangan 11 kali di Ligue 1. Total sang pemain hanya tampil delapan kali.

Dengan adanya Danilo dan Cuadrado lebih diutamakan di sayap kanan dan Frabotta serta Alex Sandro di sisi lain, De Sciglio tidak mendapat tempat di tim Andrea Pirlo.

Jika Pirlo memutuskan untuk mendatangkan kembali sang bek sayap, Mattia akan menjadi pemain muda yang akan siap untuk menunggu sampai dirinya siap menjadi pilihan pertama di klub.

3 dari 5

Merih Demiral

Merih Demiral
Pelatih Juventus, Andrea Pirlo (tengah) memeluk Merih Demiral setelah mengalahkan Inter Milan di laga leg pertama semifinal Coppa Italia hari Rabu (3/2/2021). © AP Photo

Merih Demiral terabaikan oleh Pirlo karena banjir pemain di posisi yang ditempari. Bek Turki adalah anak muda yang menjanjikan namun amat menderita karena minimnya waktu bermain yang dia dapatkan di Juventus.

Pirlo telah menggunakan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci sebagai duo bek tengah utamanya. Matthijs De Ligt yang sangat bertalenta juga bukan pilihan pertama Andrea Pirlo. Pemain Belanda masih melihat lebih banyak waktu bermain daripada Demiral.

Beberapa laporan menunjukkan bahwa Pirlo tidak menilai pemain berusia 22 tahun itu 'setinggi' itu dan terbuka untuk memberikan solusi jangka panjang lainnya untuk masalah pertahanan mereka.

4 dari 5

Federico Bernardeschi

Federico Bernardeschi
Pemain Juventus, Federico Bernardeschi. © AP Photo

Federico Bernardeschi memiliki kesempatan untuk meninggalkan Juventus musim panas lalu tetapi dia memutuskan untuk tetap bertahan. Ternyata keputusan ini justru membuat kariernya makin terpuruk. Ia gagal menyesuaikan diri di bawah asuhan Andrea Pirlo.

Bernardeschi telah berjuang untuk mendapatkan peluang bermain. Dan ketika kesempatan itu datang, ia belum dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Pemain Italia itu telah membuat 19 penampilan untuk Juventus di Serie A tetapi hanya lima di antaranya yang menjadi starter.

Bernardeschi sering berkembang dalam peran penyerang dan dalam sistem Pirlo, dia bermain sebagai semacam bek sayap. Bernardeschi sekarang berusia 27 tahun dan dengan jalannya musim ini, akan lebih baik jika dia pindah klub secepatnya.

5 dari 5

Aaron Ramsey

Aaron Ramsey
Gelandang Juventus, Aaron Ramsey. © AP Photo

Kasus Aaron Ramsey cukup rumit. Mantan pemain Arsenal itu memang berjuang untuk menetap di Juventus di bawah Maurizio Sarri. Namun, dia jauh lebih mengesankan musim ini dengan peran yang sedikit lebih ofensif. Tapi rumor yang mengaitkannya dengan jalan keluar sepertinya tidak menguap.

Ramsey berusia 30 tahun dan lini tengah Juventus perlu diperkuat. Penambahan pemain seperti Weston McKennie dan Arthur adalah langkah yang diambil ke arah yang benar dan Bianconeri ingin mempertahankannya.

Ramsey juga jatuh di urutan teratas di Juventus dengan Arthur, Bentancur, dan Adrien Rabiot secara konsisten dapat kesempatan bermain lebih banyak. Namanya juga telah disebutkan dalam beberapa kesepakatan pertukaran.

Laporan menunjukkan bahwa Ramsey tidak bahagia di Turin dan dapat kembali ke Premier League di musim panas mendatang. Bukan hal yang mengejutkan jika Pirlo memutuskan untuk menggunakannya dalam kesepakatan pertukaran untuk salah satu target transfernya.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis: Ario Yosia, 6 Maret 2021)