FOLLOW US:


Tuntutan 444 Juta Euro Juventus Dari Kasus Calciopoli Ditolak

07-09-2016 10:23
Tuntutan 444 Juta Euro Juventus Dari Kasus Calciopoli Ditolak
© ANSA
Bola.net - Juventus mengajukan tuntutan €444 juta untuk semua kerugian yang diakibatkan FIGC dan CONI dari skandal Calciopoli tahun 2006 silam. Namun, tuntutan itu tidak dikabulkan oleh pengadilan Tribunale Amministrativo Regionale (TAR).

Dilansir Football Italia, Juventus mencari ganti rugi untuk apa yang mereka anggap sebagai hukuman yang tidak adil atas keterlibatan dalam Calciopoli. Waktu itu, dua Scudetto Juventus dicabut, salah satunya diberikan ke Inter Milan, dan Bianconeri sendiri dilempar ke Serie B sebagai hukuman.

Bukti-bukti di kemudian hari mengindikasikan kalau ternyata mantan presiden Nerazzurri Giacinto Facchetti juga sering berhubungan dengan pihak yang menugaskan para wasit untuk pertandingan. Hanya saja, masa daluwarsanya (statute of limitations) sudah lewat.

Berangkat dari kehilangan pendapatan dan rusaknya reputasi, juga beberapa kerugian lainnya, Juventus mengharapkan kompensasi sebesar €444 juta. Selain itu, Juventus juga meminta dua Scudetto mereka dikembalikan.

Pengadilan TAR tidak mengabulkan tuntutan tersebut. Pasalnya, masalah ini dianggap sudah selesai dengan upaya banding sebelumnya yang diajukan pada tahun 2006 namun kemudian ditarik kembali. Waktu itu, pihak klub lebih memilih mendatangi arbitrase CONI, dan kalah dalam sidang di bulan Oktober pada tahun yang sama.

Hakim memutuskan bahwa TAR tidak memiliki kewenangan atas suatu perkara atau sengketa yang sudah diselesaikan di suatu pengadilan. (foti/gia)