FOLLOW US:


Utang Nol, Fiorentina Tersehat di Italia

12-10-2014 02:02
Utang Nol, Fiorentina Tersehat di Italia
Suporter Fiorentina © AFP
Bola.netBola.net - Fiorentina sempat bangkrut pada tahun 2001, bahkan turun ke Serie C2 (divisi empat Italia). Setelah diakuisisi oleh Della Valle bersaudara (Diego dan Andrea), semuanya berubah bagi La Viola.

Meski diwarnai pasang-surut sejak kembali ke Serie A pada musim 2004/05, termasuk keterlibatan dalam skandal Calciopoli 2006, Fiorentina perlahan namun pasti kembali ke trek yang benar. Saat ini, kondisi keuangan mereka bahkan dicap sebagai yang terbaik di Italia.

"Kami sudah di trek yang benar, tapi masih banyak yang harus dikerjakan. Untuk urusan kesehatan finansial, Fiorentina adalah yang terbaik di Italia," terang CEO Mario Cognini seperti dilansir Football Italia.

"Sejak dua tahun lalu, pemasukan selalu diusahakan bisa menutupi semua pengeluaran. Selain itu, kedua bos kami juga menyuntikkan dana minimal €15 juta setiap tahun untuk menjaga kas agar tetap seimbang. Artinya, kami tak perlu mengajukan pinjaman dan utang kami pun nol," imbuhnya.

Dengan kondisi finansial yang sehat, Fiorentina dan dewan kota Firenze bahkan telah mengisyaratkan bahwa La Viola bakal membangun sebuah stadion baru dalam beberapa tahun ke depan.