7 Manfaat Sit Up Buat Kesehatan Jika Dilakukan Rutin Setiap hari

Seokly | 11 Juli 2020 16:05
Ilustrasi (c) iStockphoto

Bola.net - Sit up adalah salah satu gerakan dasar olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini juga dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja, baik anak-anak maupun dewasa.

Kebanyakan orang menganggap remeh manfaat dari melakukan sit up. Padahal gerakan ini merupakan jenis latihan olahraga yang melatih beragam otot.

Sit up dapat membuat perut lebih rata, namun dengan cara mengencangkan otot-otot perut. Tidak hanya otot perut, ketika kamu melakukan sit up, otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher juga menjadi lebih kencang.

Manfaat sit up setiap hari sangat positif bagi kesehatan tubuh. Olahraga ini akan memberikan manfaat lebih banyak apabila dilakukan secara rutin, setidaknya 10-20 kali dalam sehari.

Biasanya kaum pria melakukan gerakan sit-up secara rutin guna mendapatkan perut six pack. Untuk wanita, latihan sit up sangat berguna menghindari kram saat menstruasi yang rasanya amat menyakitkan.

Apakah manfaat sit up selain membentuk otot perut? Berikut rangkuman beberapa manfaat sit up apabila dilakukan rutin setiap hari.

1 dari 1 halaman

Manfaat Latihan Sit Up

1. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat yang pertama dari melakukan olahraga sit up adalah mampu memperbaiki postur tubuhmu. Selain itu, ketika kamu melakukannya bisa mengatasi sakit pingging bawah.

Hal ini sangat baik untuk mempermudah kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Melakukan sit up juga bisa memperkecil risiko kamu terkena cedera pada otot dan sendi.

2. Membakar Kalori

Manfaat sit up selanjutnya adalah dapat membakar kalori. Ketika kamu melakukan sit up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh.

Dengan manfaat membakar kalori, tentunya hal ini juga berguna bagi kamu yang sedang dalam program diet.

3. Menjaga Kesehatan Otot

Meskipun olahraga sit up hanya memfokuskan otot pada bagian perut bawah, namun sebenarnya sit up juga bermanfaat bagi seluruh kesehatan otot tubuh. Jika kamu melakukan sit up secara rutin maka tubuh juga akan terlatih melakukan gerakan dan tentunya membuat tubuh menjadi bugar.

Secara keseluruhan, melakukan olahraga ini membuat massa otot akan bertambah dan tubuh akan menjadi lebih sehat. Faktanya latihan ini menciptakan gerakan-gerakan variabel yang meliputi gerakan mengangkat seluruh berat perut.

Otot yang diperkuat oleh sit up, antara lain otot penstabil, otot kaki, fleksor pinggul, dan otot punggung.

4. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Jantung merupakan satu di antara organ yang memiliki otot paling vital di dalam tubuh. Rutin melakukan sit up mampu menguatkan otot jantung.

Bila memiliki jantung yang kuat, kamu juga memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih baik. Selain itu, melakukan gerakan push up dan sit up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung.

Sehingga hal ini dapat menghilangkan plak yang menempelm pada pembuluh darah dan tentunya membantu kesehatan jantung.

5. Meningkatkan Metabolisme

Sit up mampu melatih sistem kerja otot menjadi lebih baik. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik.

Selain itu, gerakan sit up juga mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik, membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat.

Sit up bisa merangsang organ di dalam tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang berfungsi dalam mengolah segala nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuhmu.

6. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Ketika melakukan sit up, olahraga ini akan melibatkan beberapa bagian otot, seperti otot di bagian panggul, pinggang, dan perut. Hal ini akan memberikan efek yang baik dalam memperbaiki keseimbangan tubuh.

Otot yang terletak di pinggul merupakan satu di antara bagian penyeimbang gerakan tubuhmu. Ketika kamu rutin melakukannya, maka tubuh akan terlatih dengan beban yang ditopang.

7. Melancarkan Peredaran Darah

Perlu diketahui bahwa, olahraga sit up mampu melancarkan aliran darah yang ada di dalam tubuh. Selain itu, melakukan olahraga ini secara rutin juga mampu melancarkan sirkulasi oksigen yang ada di dalam tubuh.

Jika tubuh kekurangan oksigen, maka tentu saja proses metabolisme di dalam tubuh tidak akan dapat berjalan dengan baik. Kekurangan oksigen tersebut akan memiliki dampak pemicu berbagai penyakit.

Beberapa di antaranya adalah serangan jantung, gagal ginjal, dan penyakit berbahaya lain. Melakukan sit up secara rutin secara teratur, otot kamu akan dapat bekerja dengan maksimal sehingga peredaran darah juga akan menjadi lebih lancar.

Hal ini akan membuat seluruh organ tubuh mendapatkan pasokan oksigen sehingga dapat bekerja dengan baik.

Sumber: Dokter Sehat, Healthline, Muscle Class

Disadur dari: Bola.com/Alfi Yuda/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 11 Juli 2020

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR