FOLLOW US:


Apa yang Harus Dilakukan Saat Positif Terinfeksi Virus Corona?

27-03-2020 13:30

 | Richard Andreas

Apa yang Harus Dilakukan Saat Positif Terinfeksi Virus Corona?
Foto seorang anak di Jerman di tengah pandemi virus Corona © AP Photo

Bola.net - Serangan virus corona telah mencapai Indonesia dalam beberapa pekan terakhir. Angka penyebarannya cukup tinggi, pemerintah sudah mengambil tindakan secepat mungkin untuk meminimalisir risiko.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada hari Rabu (25/3/2020) mengemukakan bahwa sudah ada 893 orang dinyatakan positif terinfeksi virus ini di Indonesia.

Meski begitu, masyarakat diminta tetap tenang dan jangan panik terkait kondisi tersebut.

Pemerintah Indonesia telah memberikan imbauan untuk mengisolasi diri sembari melakukan gaya hidup sehat sebagai satu di antara cara meredam penyebaran virus Corona SARS-CoV-2.

Pemerintah juga telah menyiagakan 132 rumah sakit rujukan infeksi di 34 provinsi untuk menangani pasien positif COVID.

Sebagian besar mereka yang terinfeksi virus corona menunjukkan gejala ringan, bahkan ada yang tanpa gejala sama sekali. Bagi yang merasakannya, langkah terbaik adalah tidak panik, menjaga diri, dan karantina mandiri di rumah.

Berburu-buru ke rumah sakit bisa jadi justru merepotkan tenaga medis. Mereka yang dalam kondisi lebih parah jadi tidak bisa ditangani dengan baik.Sebab itu, berikut beberapa langkah yang bisa diambil untuk mencari cara mengatasi serangan virus corona:

1 dari 2

Kenali Gejalanya

Pertama dan yang paling penting, kenali gejala positif Covid-19. Memang ada beberapa kasus yang tidak menunjukkan gejala, tapi bukan berarti tidak membawa virus tersebut.

Virus Corona punya beberapa gejala yang mirip dengan demam biasa atau flu, tapi tidak semua sama. Pemerintah dan kementrian kesehatan sudah membagikan informasi tentang sejumlah kasus yang terjadi lengkap dengan gejalanya.

Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah rapid test, tapi belum diterapkan sepenuhnya di Indonesia. Karena itulah alangkah baiknya jika masing-masing orang bisa menjaga diri dan memahami apa yang perlu dilakukan jika terpapar virus corona.

2 dari 2

Apa yang Harus Dilakukan?

  • Tetap di rumah dan hindari kontak dengan orang lain sebisa mungkin
  • Pisahkan diri sendiri dari orang lain di dalam rumah
  • Telepon terlebih dahulu sebelum mengunjungi dokter
  • Kenakan masker, tutupi wajah saat batuk atau bersin, dan cuci tangan sesering mungkin
  • Hindari berbagi benda-benda yang sama dengan orang lain di dalam rumah
  • Cari bantuan tenaga medis jika penyakit Anda memburuk (misalnya sesak napas). Sebelum mendatangi rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya, lakukan panggilan telepon terlebih dahulu dan mengatakan bahwa Anda mungkin terinfeksi virus corona. Kenakan masker sebelum masuk ke fasiliats kesehatan tersebut
  • Mereka yang berada dalam pengawasan (ODP) harus mengarantina diri sendiri dan mengikuti instruksi pemerintah, kementrian kesehatan, atau profesional medis lainnya

Sumber: CDC