FOLLOW US:


Deretan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

11-11-2019 09:26

 | Anindhya Danartikanya

Deretan Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Bawang putih baik untuk kesehatan. © Bola.com

Bola.net - Bawang putih merupakan bumbu masakan yang memiliki aroma khas. Kendati murah, bawang putih punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Namun masih ada orang yang hanya menggunakan bawang putih sebagai penyedap masakan tanpa mengetahui manfaatnya.

Bawang putih merupakan tanaman umbi-umbian, dan tiap buahnya biasanya terdapat 1-10 siung. Dalam satu siung bawang putih mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, mangan, vitamin C, kalsium, serta selenium.

Bawang putih juga mengandung antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, serta asam amino. Kandungan-kandungan tersebut tentu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bawang putih juga mampu mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat bawang putih bagi kesehatan dan kecantikan yang sering terabaikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 5

Mengobati Batuk

Bawang putih bisa digunakan untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan anti-bakteri dan antioksidan pada bawang putih mampu mengatasi batuk dengan sangat ampuh.

Anda bisa mengonsumsinya secara mentah dibarengi dengan sayuran ketika makan supaya tidak mual karena baunya. Namun, Anda juga bisa menggeprek satu siung bawang putih, kemudian seduh dengan air panas.

Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Minum air seduhan bawang putih dalam keadaan hangat kuku untuk meredakan batuk lebih efektif. Meski rasanya tak enak, bahan dapur ini cukup ampuh untuk mengatasi batuk kering secara cepat.

2 dari 5

Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahan dapur ini memang terkenal sebagai penyedap masakan. Namun, ternyata bawang putih juga bisa mengatasi sakit gigi.

Bawang putih memiliki kandungan bersifat antiseptik untuk melepas alicin dan menghasilkan minyak alami yang berperan melawan bakteri. Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung, tetapi jangan ditelan. Setelah itu, kumur-kumur dengan air hangat dan minum susu murni untuk menghilangkan aroma baunya.

Selain bawang putih, bawang merah juga mengandung anti-mikrobial dan antiseptik yang mampu meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Jika tak ingin mengunyah secara mentah, Anda bisa menghaluskan bawang merah dan ditempel ke bagian gigi yang sakit. Hal itu dikarenakan bawang merah memiliki sifat panas dan pedas ketimbang bawang putih.

3 dari 5

Mencegah Kanker

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat tinggi. Salah satunya adalah mencegah berbagai penyakit kanker, seperti kanker paru-paru, kanker kelenjar getah bening, dan kanker kulit.

Bahan alami ini memiliki sifat anti-radang dan anti-mikroba. Kandungan tersebut berperan penting dalam membasmi sel kanker dari dalam tubuh.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah untuk membasmi sel kanker dari dalam tubuh. Sementara untuk kulit, Anda perlu menghaluskan bawang putih dan dioleskan pada tubuh.

4 dari 5

Obat Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Bawang putih mentah dapat mengatasi radang tenggorokan dan sariawan. Caranya, Anda bisa mengunyah satu butir bawang putih mentah secara langsung. Meski memiliki bau yang khas dan tidak disukai oleh banyak orang, bawang putih mampu mengatasi masalah panas dalam.

Manfaat ini dikarenakan bawang putih mengandung antibiotik yang bisa membantu menyembuhkan segala peradangan, termasuk pada tenggorokan dan sariawan.

Jika tak suka dengan baunya, Anda bisa memakan permen selepas mengonsumsi bawang putih. Anda juga bisa meminum susu atau mengonsumsi cokelat untuk menghilangkan bau mulut akibat bawang putih.

5 dari 5

Mengatasi Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengatasi diabetes. Beberapa hasil penelitian membuktikan mengonsumsi 2-3 siung bawang putih secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Senyawa Allicin, vitamin B, dan thiamine dalam bawang putih bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Selain menurunkan kadar gula darah, bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Bumbu masakan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi rutin setiap hari bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 8 November 2019