FOLLOW US:


Indonesia Tingkatkan Persiapan Jelang Olimpiade London 2012

18-04-2012 16:45
Indonesia Tingkatkan Persiapan Jelang Olimpiade London 2012
Kontingen Indonesia di Olimpiade London 2012 berniat pertahankan emas.

Bola.net - Mempertahankan tradisi emas menjadi salah satu kunci bagi persiapan Kontingen Indonesia dalam menghadapi Olimpiade London 2012 pada bulan Juli mendatang. Dengan tekad yang sama, para atlet dan ofisial serta pengurus kontingen yang terlibat dalam tim Indonesia untuk Olimpiade telah melakukan berbagai persiapan.

Kualifikasi demi kualifikasi telah diikuti, dan beberapa cabang olahraga seperti bulutangkis, angkat besi dan panahan telah berhasil meloloskan atlet-atletnya untuk berpartisipasi dalam pesta olahraga akbar tersebut. Sementara beberapa atlet terbaik yang dimiliki Indonesia pada cabang olahraga lainnya masih terus berjuang untuk dapat ikut serta ambil bagian dalam Olimpiade 2012 di London.

Tim Indonesia akan memberangkatkan sekitar 25 atlet. Sembilan orang atlet di antaranya adalah berasal dari cabang olahraga bulutangkis. Dengan prestasi atlet-atlet nasional bulutangkis yang semakin membaik, sepertinya harapan Indonesia dalam 'mempertahankan tradisi emas' dapat terwujud.

Seluruh persiapan dan kesiapan atlet untuk berpartisipasi dalam Olimpiade London 2012 dan mempertahankan tradisi emas, tentu tidak terlepas dari dukungan pendanaan dari pemerintah.

“Sampai saat ini saya belum mendapat kepastian akan jumlah dana yang disiapkan pemerintah untuk keberangkatan tim Indonesia ke Olimpiade,” ujar Erick Tohir, Chef De Mission (CDM) tim Indonesia, atau yang biasa dikenal sebagai Ketua Kontingen, kepada Bola.net.

“Beberapa waktu yang lalu, saya membaca Rp 26 Milyar, saya berharap dana tersebut segera diberikan, mengingat waktu yang tinggal 100 hari lagi,” tambah CDM tim Indonesia, yang juga merupakan Wakil Ketua Umum KOI tersebut.

Tampaknya, jumlah dana yang disiapkan pemerintah untuk mendukung tim Indonesia masih dalam proses penggodokan, namun perlu diingat juga bahwa waktu terus berjalan. Diperkirakan Kontingen Tim Indonesia akan berangkat sekitar minggu ke-3 bulan Juli 2012.

“Sebagian besar kontingen tim Indonesia akan berangkat sekitar minggu ke-3 bulan Juli 2012. Saya mendengar rumor, katanya dana pemerintah akan dicairkan pada bulan Juni 2012. Jadi, jika dana tersebut turun pada bulan Juni 2012, saya tidak yakin persiapan akan berjalan maksimal,” terangnya.

Erick pun menambahkan bahwa sudah sewajarnya apabila dana tersebut telah dapat diterima pada bulan Mei 2012 terkait dengan persiapan keberangkatan kontingen tim Indonesia pada bulan Juli 2012.

“Saya sangat mengharapkan dukungan nyata dari pemerintah untuk keberhasilan tim Indonesia di Olimpiade London 2012 ini. Bukan untuk kepentingan pihak-pihak tertentu, tetapi untuk segenap bangsa Indonesia, demi kebanggaan dan harga diri bangsa dan negara Indonesia.” tandasnya. (esa/kny)