FOLLOW US:


Makanan-Makanan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Anak Agar Terhindar dari Virus Corona

26-03-2020 19:52

 | Serafin Unus Pasi

Makanan-Makanan yang Bisa Tingkatkan Imunitas Anak Agar Terhindar dari Virus Corona
Ilustrasi anak Makan © Olena Yakobchuk (Shutterstock)

Bola.net - Pandemi virus corona di Indonesia semakin hari semakin meluas. Virus mematikan ini menjangkit siapa saja dan dari kalangan usia mana saja termasuk untuk anak-anak.

Oleh karena itu, orangtua patut waspada terhadap virus Corona agar tidak menularkan ke keluarga apalagi anak-anak. Demi terhindar dari virus, anak-anak harus dijaga imunitasnya agar COVID-19 tidak mudah menyerang tubuh si kecil.

Sistem imunitas bergantung pada apa yang dimasukkan ke perut, sehingga penting untuk menjaga asupan nutrisi yang dapat mendukung sistem imunitas tersebut.

Guna meningkatkan imunitas anak, dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, yang bertugas di RS Pondok Indah Bintaro Jaya mengatakan orangtua harus memenuhi kebutuhan harian si kecil, dengan mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan berimbang.

Selain itu, makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein, sayur dikonsumsi 3x sehari. Di luar itu, dilengkapi dengan 1-2 porsi buah. “Jadi makanan harus lengkap dan berimbang,” papar dr. Caessar saat dihubungi redaksi Fimela.com.

1 dari 1

Makanan Lain

Selain buah dan sayur, si kecil juga dapat diberikan kacang-kacangan, daging tanpa lemak. Serta yoghurt yang banyak mengandung bakteri berguna yang disebut probiotik, dapat membantu tubuh melawan penyakit seperti pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

Susu sangat baik bagi sistem imunitas anak-anak karena tidak hanya mengandung kalsium, tapi juga protein, vitamin A, dan beberapa jenis vitamin B.

Sumber: Fimela

Disadur dari: Fimela (Penulis: Anisha Saktian Putri/Editor: Nabila Mecadinisa/Published: 23/03/2020)

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.net ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.net secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.