FOLLOW US:


Peringatan HUT Komunitas Sepeda Lipat IDFB ke-5

16-03-2012 20:30
Peringatan HUT Komunitas Sepeda Lipat IDFB ke-5
Peringatan HUT Komunitas Sepeda Lipat IDFB ke-5 IDFB

Bola.net - Minggu, 18 Maret 2012, Komunitas Sepeda Lipat Indonesia (Indonesia Folding Bike/IDFB) menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun IDFB ke-5 dan Peresmian Ketum dan Pengurus baru IDFB periode 2012-2014. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari, 18 Maret 2012, di Musium Bank Mandiri, Kota, Jakarta Pusat.
 
Peringatan Hari Ulang Tahun IDFB ke-5 ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan komunitas sepeda lipat Indonesia untuk saling bersilaturahmi dan juga untuk turut mendorong semakin meluasnya penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang murah, sehat dan bersahabat dengan lingkungan. Pada peringatan hari ulang tahun ini akan meningkatkan pula rasa kebersamaan dan persaudaraan terhadap sesama para pengguna sepeda, baik itu seli maupun non-seli,  di seluruh Tanah Air, dengan turut mengundang komunitas sepeda non-seli.
 
Kegiatan dalam acara ini adalah dimulai dengan melaksanakan Gowes Jakarta Tempo Doeloe, yang akan melintasi rute Sarinah-Imam Bonjol-Suropati-Situ Lembang-Teuku Umar-Gedung Joang-Gambir-Kathedral-Veteran-Harmoni-Musium Arsip-Gereja Sion-Musium Bank Mandiri. Rute ini dipilih karena melewati tempat-tempat bersejarah di Jakarta seperti perumahan tua di Menteng, Mesjid Cut Mutia, Gedung Joang 45, Gedung PLN Gambir, Kathedral, Pasar Baroe, menyusuri Sungai Ciliwung, Gereja Sion, dan Kota Toea, sehingga diharapkan dapat membangkitkan  dan meningkatkan rasa cinta dan menghargai tempat-tempat bersejarah di Jakarta. Kecintaan ini berikutnya dapat lebih menggugah peserta untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga dan menyelamatkan tempat-tempat bersejarah seperti gedung Musium Bank Mandiri.
 
Dilanjutkan dengan kegiatan utama yaitu pemutaran video Jakarta Tempo Doeloe dan video kegiatan IDFB, Pemberian sumbangan kepada Musium, Perayaan HUT IDFB dan Pelantikan Ketum dan Pengurus baru IDFB periode 2012-2014, Mistery Tour, serta bersilaturahmi di Musium Bank Mandiri sebagai lokasi utama dan tempat berkumpul seluruh peserta, selain itu di lokasi acara juga akan diadakan bazzar sepeda lipat dan asesorisnya dari para sponsor acara ini.
 
Acara ini terselenggara berkat dukungan dan support dari sponsor utama dan partner komunitas yaitu Rodalink dan Dahon, serta Musium Bank Mandiri, DeltaCycles, OneBikes, Bknee, dan Monsterbike. Serta dukungan media partner dari www.whatzups.net, BikersFreak, dan freshly jakarta.
 
“Sampai saat ini sudah lebih dari 2.000 anggota yang bergabung dalam komunitas sepeda lipat Indonesia dari seluruh Tanah Air dan banyak di antara mereka yang menggunakan sepeda lipat sebagai alat transportasi sehari-hari. Anggota komunitas sepeda lipat Indonesia berusia mulai 6 hingga 65 tahun dengan berbagai jenis tipe sepeda lipat yang dimiliki. Sepeda lipat dipilih karena ukurannya yang ringkas sehingga lebih mudah untuk dibawa baik dengan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya,”
 
Tentang Indonesia Folding Bike/Id-Folding Bike
Indonesia Folding Bike Community (id-foldingbike) merupakan komunitas pengguna sepeda lipat Indonesia yang didirikan pada tahun 2007 melalui mailing list id-foldingbike@yahoogroups.com. Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, id-foldingbike berkembang hingga beranggotakan lebih dari 2.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan secara de-facto menjadi komunitas induk bagi komunitas sepeda lipat yang berada di kota-kota besar atau daerah di Indonesia antara lain Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Tasikmalaya, Solo, Semarang, Surabaya, dan Bali.
 
Visi id-foldingbike adalah berpartisipasi aktif akan terciptanya lingkungan hidup yang sehat dengan  bersepeda. Sedangkan misinya adalah memperkuat tali silaturahim, solidaritas, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan antara sesama pemilik sepeda lipat. Selain itu, juga berupaya mengembangkan dan mengkampanyekan penggunaan sepeda di semua kalangan sehingga dapat menjadi kendaraan alternatif untuk kegiatan sehari-hari dan menjadi pilihan gaya hidup secara terbuka dan moderat. (idfb/kny)