FOLLOW US:


Tak Perlu Biaya Mahal, Asma Bisa Diatasi dengan 6 Obat Alami

07-11-2019 14:45

 | Anindhya Danartikanya

Tak Perlu Biaya Mahal, Asma Bisa Diatasi dengan 6 Obat Alami
Kenali gejala asma. © Bola.com

Bola.net - Asma adalah gangguan paru-paru yang membuat sulit bernapas atau sesak napas. Asma bisa terjadi akibat adanya suatu rangsangan pada aliran udara yang masuk ke paru-paru. Asma bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti alergi, polusi udara, infeksi pernapasan, emosi, kondisi cuaca, atau efek samping beberapa pengobatan.

Sebenarnya pengobatan asma bisa dibantu dengan memakai bahan alami. Penyakit ini tak bisa dibiarkan, karena asma termasuk penyakit akut atau kronis. Mengobati asma dengan dengan cara alami tentu lebih aman ketimbang menggunakan bahan-bahan kimia. Selain aman, pengobatan asma secara alami juga cukup mudah dilakukan tanpa biaya mahal.

Penyakit ini biasanya disebabkan karena peradangan dan penyempitan saluran udara, sehingga terjadilah sesak napas. Kendati sulit disembuhkan, gejala asma bisa diredakan dengan obat tradisional dengan bahan alami yang mudah ditemui di pasaran.

Berikut adalah ragam bahan alami untuk membantu mengatasi asma, seperti dirangkum dari situs Draxe.

1 dari 6

Kapulaga

Apakah Anda tahu kapulaga? Ya, kapulaga merupakan rempah-rempah yang biasa dijadikan bumbu penyedap masakan. Selain sebagai bumbu dapur, kapulaga terkenal mampu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Berdasarkan hasil penelitian dari Universitas Nitte di Mangalore, India, sumber minyak atsiri dalam kapulaga sangat efektif meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Kapulaga sudah banyak digunakan dalam berbagai terapi tradisional seperti aromaterapi untuk pengobatan asma dan bronkitis dengan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru.

2 dari 6

Daun Mint

Asma atau gangguan pernapasan lainnya sering menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa memetik manfaat daun mint untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti asma. Daun mint memiliki aroma mentol yang bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi.

Tumbuhan ini juga memiliki sifat antibakteri yang berperan mengobati infeksi akibat serangan bakteri pada saluran udara. Kandungan itulah yang membuat daun mint berguna bagi pengidap asma karena mampu melonggarkan saluran pernapasan. Anda bisa menghirup aroma daun mint atau meminumnya sebagai teh.

3 dari 6

Gandum

Asma merupakan salah satu penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi gandum secara rutin.

Sebuah penelitian pada 3.781 anak-anak membuktikan mengonsumsi gandum dapat menurunkan risiko penyakit asma. Anda bisa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar gandum, seperti oatmeal, sereal, roti, biskuit, hingga pasta.

4 dari 6

Jahe dan Madu

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kerap digunakan sebagai bumbu masak. Namun, jahe juga bisa digunakan sebagai obat-obatan. Selain menghangatkan tubuh, jahe bisa membantu mengobati asma.

Caranya, Anda perlu menyiapkan jahe secukupnya yang sudah dibersihkan. Kemudian, potong jahe yang sudah bersih menjadi kecil. Lalu masukkan ke dalam panci berisi air dan rebuslah hingga mendidih. Setelah itu, Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat kuku.

Anda juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami. Sebab, madu alami memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan membantu meredakan sesak napas.

5 dari 6

Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan putih dipercaya mampu meredakan asma atau sesak napas. Kandungan hytochemical pada bawang merah dan antibakteri dalam bawang putih dapat membersihkan saluran udara.

Dua bahan ini akan membantu melawan infeksi bakteri dan meningkatkan kesehatan imun tubuh. Caranya, Anda bisa memakan bawang mentah langsung. Jika tidak suka dengan aromanya, Anda bisa menghaluskan bawang merah dan putih dan mencium aroma kedua bahan ini.

Namun ada cara alami yang lebih ampuh, yaitu didihkan 2-3 siung bawang putih ke dalam satu gelas susu. Setelah mendidih, Anda bisa meminumnya dalam keadaan hangat karena uapnya akan membantu melemaskan saluran napas dan mengencerkan lendir.

6 dari 6

Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit juga terkenal ampuh mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Tumbuhan ini mengandung curcumin cukup tinggi. Curcumin merupakan bahan aktif yang memiliki sifat efek anti-peradangan yang cukup kuat.

Anda wajib mengonsumsi ramuan jamu kunyit secara rutin. Namun, sebaiknya Anda membuat perasan kunyit sendiri ketimbang membeli yang instan di pasaran. Biasanya kunyit instan tak lagi murni lantaran telah tercampur dengan bahan lainnya, termasuk gula atau pemanis buatan.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Novie Rachmayanti/Editor: Yus Mei Sawitri/Dipublikasi: 7 November 2019