FOLLOW US:


Wakili Indonesia, Atlet SOIna Bawa Obor Olimpiade 2012

18-04-2012 16:35
Wakili Indonesia, Atlet SOIna Bawa Obor Olimpiade 2012
Stephanie Handojo (dua dari kiri) wakili Indonesia bawa obor Olimpiade London 2012 Bola.net

Bola.net - Peraih medali emas Spesial Olympics Indonesia (SOIna), Stephanie Handojo, terpilih mewakili Indonesia untuk membawa obor Olimpiade London 2012. Setelah dinominasikan oleh Unicef Indonesia dan The British Council melalui program International Inspiration, Stephanie menjadi salah satu dari 8000 orang yang membawa obor secara estafet.

Meskipun lahir dengan down syndrome, Stephanie merupakan seorang gadis muda berbakat, yang telah meraih beberapa prestasi. Di antaranya, medali emas dalam ajang renang 50 meter gaya dada pada ajang olahraga terbesar bagi orang keterbatasan intelektual yaitu Special Olympics World Summer Games XIII di Athena, Yunani.

Stephanie juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam bermain piano, bahkan tercatat di Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk permainan piano 22 lagu selama 2 jam.

Di samping itu, ia merupakan Atlet Peserta Athletes Leadership Programs (APLS), yaitu program kepelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan SOIna bagi para atlet untuk meningkatkan kemampuan dalam berorganisasi dan berinteraksi dengan orang lain.

"Keberhasilan Stephanie meraih prestasi baik di bidang olahraga, seni, maupun lainnya, tidak lepas dari peran orang tua dan orang-orang di sekelilingnya. Terpilihnya Stephanie sebagai pembawa obor Olimpiade London 2012 diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi teman-temannya para atlet SOIna maupun remaja lainnya," ujar Pudji Hastuti, Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna), kepada Bola.net.

"Unicef percaya bahwa setiap anak harus mendapatkan kesempatan dan hak untuk berpartisipasi. Tujuannya, agar mereka dapat menikmati masa anak-anak, dan juga meraih kesuksesan," sambung Angela Kearney, Unicef Representative di Indonesia.

"Stephanie mampu memberikan contoh yang nyata bagi anak-anak di penjuru negeri. Bahwa, dengan dukungan yang terarah dari keluarga, masyarakat dan lingkungan, anak dapat mencapai banyak hak positif," tambahnya.

Stephanie, akan ambil bagian dalam arak-arakan api Olimpiade pada 28 Juni 2012 di Nottingham, Inggris, sebagai bagian dari keseluruhan prosesi api obor Olimpiade London yang akan berlangsung selama dua bulan, dimulai pada bulan Mei 2012, dari Skotlandia, Irlandia Utara, dan juga Wales. Olimpiade musim panas yang akan diselenggarakan di London pada tahun ini akan dimulai tanggal 27 Juli sampai dengan 12 Agustus 2012. (esa/kny)