FOLLOW US:


Gara-gara Vincent Kompany, Anderlecht Kena Denda Rp78 Juta

16-10-2019 21:50

 | Dimas Ardi Prasetya

Gara-gara Vincent Kompany, Anderlecht Kena Denda Rp78 Juta
Vincent Kompany saat masih di Man City © AP Photo

Bola.net - Klub Anderlecht mendapatkan denda dari Federasi Sepak Bola Belgia sebesar 5000 euro karena menjadikan Vincent Kompany sebagai pelatihnya meski lisensinya tak memenuhi syarat.

Kompany hengkang dari Manchester City pada akhir musim 2018-19 kemarin. Ia kemudian memutuskan untuk berlabuh ke klub lamanya, Anderlecht.

Ia kembali ke klub itu dengan peran ganda. Ia tak cuma jadi pemain tapi juga sekaligus sebagai pelatih.

Ia ingin membantu membangkitkan kembali klub tersebut pada musim ini. Sayangnya Kompany tak cukup bagus untuk menjadi pelatih.

Pria berusia 33 tahun itu kemudian mengundunrkan diri dari jabatan sebagai pelatih pada 22 Agustus 2019. Ia kemudian fokus untuk jadi pemain saja.

1 dari 2

Ilegal

Penunjukan Kompany sebagai pelatih itu ternyata ilegal. Sebab liga Belgia mengharuskan semua pelatih kepala di klub kompetisi paling atas di negar itu untuk memegang lisensi UEFA Pro.

Lisensi itu jelas tidak dimiliki oleh Kompany. Anderlecht sendiri sempat berkilah dengan menyatakan Simon Davies, kepala akademi Manchester City yang mengikuti Kompany ke Brussels pada musim panas, sebenarnya adalah pelatih kepala mereka.

Namun, federasi sepak bola Belgia menolak klaim ini. Mereka menggunakan pernyataan Anderlecht sendiri di media dan membuka sebuah video untuk membantahnya dan memberi klub teguran keras karena tidak cukup respek terhadap kepatuhan terhadap peraturan.

"Klub itu melanggar peraturan untuk waktu yang lama dan meskipun itu melanggar peraturan, tidak ragu-ragu untuk secara terbuka mengungkap pelatih tanpa ijazah," kata komite lisensi asosiasi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sky Sports.

2 dari 2

Tidak Jelas

Setelah Kompany turun tahta, Anderlecht menunjuk Frank Vercauteren sebagai pelatihnya. Ia memiliki kualifikasi yang diperlukan sebagai pelatih kepala. Namun ia mengatakan ia menggantikan Davies, yang tetap bertahan sebagai asisten pelatih.

Tetapi belum jelas siapa yang sebenarnya bertanggung jawab di klub dengan Anderlecht mengklaim Vercauteren akan bertanggung jawab pada hari pertandingan. Hal ini seakan mengisyaratkan menunjukkan Kompany masih bertanggung jawab secara keseluruhan.

Saat ini Anderlecht berada di peringkat 13 klasemen sementara Liga Belgia. Vincent Kompany dkk baru mengoleksi sembilan poin dari 10 laga.

(sky sports)