FOLLOW US:


Indonesia Harap Keterlibatan Jepang di Asian Games 2018

19-01-2018 19:41
Indonesia Harap Keterlibatan Jepang di Asian Games 2018
Asian Games 2018 © ist

Bola.net - Kehadiran delegasi Jepang ke Indonesia tampaknya dimanfaatkan pemerintah untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018. Salah satu bentuk dukungan yang diharap yakni adanya bantuan dalam bentuk sponsor.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menerima kedatanganan delegasi Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Toshihiro Nikai di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (19/1/2018). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi berharap ada bantuan terkait Asian Games.

Permintaan tersebut kemudian mendapat tanggapan positif dari Jepang. Namun, masih belum jelas bantuan seperti apa yang akan diberikan oleh Negeri Matahari Terbit itu kepada Indonesia.

“Artinya bisa banyak hal. Ada perusahan besar Jepang yang menang tender Asian Games. Itu kan bisa jadi bagian dukungan Jepang juga,” ujar Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto.

"Siapa tahu Jepang bisa membantu dalam sponsorship. Jadi bantuan Jepang bisa dengan banyak cara, tapi kalau bantuan soal uang, masih belum tahu,” sambungnya.

Namun, pria asal Yogyakarta ini menegaskan bahwa Jepang sejauh ini akan memberikan bantuan berupa penyediaan sarana latihan untuk dua cabang olahraga yaitu bulu tangkis dan angkat besi. Akan tetapi, bantuan tersebut bukan bertujuan untuk Asian Games 2018, melainkan Olimpiade Tokyo 2020.

“Angkat besi sudah konfirm, tapi bulu tangkis masih pikir-pikir. Nanti kami akan cari solusi, jika buku tangkis tidak berminat maka kami akan cari cabor lain,” tutup Gatot. (fit/asa)