FOLLOW US:


Indonesia Rebut Emas di Dance Sport SEA Games 2019, Tak Masuk Hitungan

02-12-2019 12:10

 | Anindhya Danartikanya

Indonesia Rebut Emas di Dance Sport SEA Games 2019, Tak Masuk Hitungan
SEA Games 2019 Filipina. © Phisgoc

Bola.net - Lewat Dwi Cindy Desyana, Indonesia sukses meraih medali emas SEA Games 2019 dari cabang dance sport nomor break dance putri pada Minggu (1/12/2019). Sayang, emas ini tak dihitung sebagai medali untuk Kontingen Indonesia. Apakah alasannya?

Chef de Mission (CdM) Indonesia, Harry Warganegara, mengatakan emas di nomor tersebut tidak dihitung karena peserta lomba hanya dua orang.

"Memang benar tidak dihitung medali karena pesertanya minim, hanya dua. Keputusan sudah diumumkan pada pertemuan sebelum SEA Games bergulir. Jadi, pertandingan itu statusnya hanya demo," kata Harry pada Senin (2/12/2019).

1 dari 2

Duel Ketat dengan Wakil Filipina

Cindy bersaing ketat dengan atlet Filipina, Debbie Mahinay. Duel keduanya berjalan sengit. Berlangsung di Royce Hotel, Pampanga, Minggu (1/12/2019), ia mengalahkan Debbie dengan skor 3-2.

"Jadi sebelum upacara pembukaan SEA Games 2019, dalam pertemuan yang dihadiri semua perwakilan kontingen, diumumkan cabang-cabang olahraga yang kurang peserta, termasuk di dance sport," imbuh Harry.

2 dari 2

Hasil Pertemuan Wakil Kontingen

Dalam pertemuan tersebut, kemudian diambil beberapa keputusan penting. Yang pertama, team/individual sport event yang diikuti 2 NOC, maka dilangsungkan 'demo', alias tanpa medali.

Adapun team sport event yang diikuti 3 NOC, tetap diberikan medali perunggu tapi tidak dihitung di klasemen. Individual sport event yang diikuti 3 NOC tapi diikuti lebih dari 3 atlet, maka perunggu dipertandingkan dan dihitung.

Keputusan keempat, individual sport event yg diikuti 3 NOC tetap berlangsung dan ada medali seperti biasa.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Yus Mei Sawitri/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 2 Desember 2019