FOLLOW US:


Kisah Noor Alexandria Abukaram, Pelari AS yang Didiskualifikasi dari Lomba karena Pakai Hijab

26-10-2019 14:22

 | Afdholud Dzikry

Kisah Noor Alexandria Abukaram, Pelari AS yang Didiskualifikasi dari Lomba karena Pakai Hijab
Ilustrasi Hijab. © Liputan6.com/Rita Ayuningtyas

Bola.net - Kontroversi mengenai aturan yang melarang seorang atlet memakai hijab kembali membuat media sosial memanas baru-baru ini. Adalah Noor Alexandria Abukaram, atlet lari tingkat pelajar yang kini menjadi perbincangan hangat karena keputusannya di sebuah lomba lari.

Noor Alexandria adalah pelajar dari sekolah menengah di Amerika Serikat, The Bounty Collegium. Ia ditunjuk sebagai perwakilan sekolah dalam sebuah lomba lari tingkat pelajar.

Sayang, semangatnya bertanding harus dinodai dengan sederet peraturan dari penyelenggara acara. Melansir Independent, Jumat (25/10/2019), pelari berusia 16 tahun itu didiskualifikasi dari pertandingan antarsekolah hanya karena menggenakan hijab.

Salah satu pejabat Asosiasi Atletik Sekolah Menengah Ohio (OHSAA) bahkan sempat memintanya untuk mengganti bawahannya dengan celana pendek. Alasannya untuk menyeragamkan outfit yang digunakan semua pelari yang mengikuti ajang itu.

Keputusan pihak penyelenggara itu sempat membuat Abukaram marah dan kecewa. Ia kemudian memutuskan berhenti bertanding daripada harus melepas hijabnya tersebut.

"Jika kamu memintaku untuk berlari tanpa menggunakan hijab, maka kamu telah memintaku untuk berhenti berlari," ujar Noor Abukaram melansir Independent.

1 dari 1

Hijab dan Sepak Bola

Kisah Abukaram tersebut mengingtkan pada sebuah video yang beredar belum lama ini. Akun twitter @Footynions mengunggah cuplikan video yang menyentuh. Dalam video yang berdurasi 21 detik itu terlihat pesepak bola wanita membetulkan hijabnya karena tertarik salah satu pemain.

Menariknya, pemain lawan berdiri melingkar untuk menutupi wanita tersebut saat membenarkan hijabnya. Video tersebut tentu membuat sebagian besar warganet kagum dibuatnya.

Sumber: Independent

Disadur dari: Bola.com (Hesti Puji/Yus Mei Sawitri)
Published: 25/10/2019