FOLLOW US:


Off-Road Super Ekstrem Medan - Bukittinggi Tempuh 1.400 KM Selama 16 Hari

28-01-2019 00:44
Off-Road Super Ekstrem Medan - Bukittinggi Tempuh 1.400 KM Selama 16 Hari
IOX 2019 Andalas © Fitri Apriani

Bola.net - Klub off-road Indonesia menyelenggaran petualangan bergengsi off-road super esktrem tahunan Off-Road eXpedition (IOX). Balapan yang diikuti oleh 81 kendaraan 4x4 dan 74 motor dengan total 400 personil tersebut akan kembali digelar pada awal 2019 di Pulau Sumatera dengan nama IOX 2019 Andalas.

Akan menempuh jarak 1400 kilometer selama 16 hari, balapan ini bakal dimulai di Medan, Sumatera Utara pada 9 Februari mendatang. Lalu, garis finishnya berada di Bukittinggi, Sumatera Barat, pada 24 Februari.

IOX 2019 Andalas merupakan event tahunan. Kelanjutan event IOX sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukittinggi - Palembang, IOX 2013 Sabang - Medan, IOX 2014 Lahat - Monas, IOX 2015 Jakarta - Surabaya, IOX 2016 Jogja - Bali dan IOX 2017 Kendari - Makassar.

"Dalam IOX 2019 Andalas ini, peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya untuk menembus rute-rute super ekstrem di dua provinsi. Meliputi Sumatera Utara dan Sumatera Barat sekaligus menikmati wisata alam dan budayanya yang indah," ujar Sri Hascaryo atau Yoyok selaku Ketua Klub offroad IOX, penyelenggara event ini.

Sementara itu, Ketua Panitia IOX Andalas 2019, Zulkarnain Danie atau yang biasa disapa Joel mengungkapkan tujuan dari ekspedisi ini. Selain untuk menikmati alam dan budaya setempat, event ini juga digelar untuk mengangkat perhatian publik terhadap kondisi Harimau Sumatera yang terus semakin berkurang populasinya karena ulah manusia.

Perjalanan off-road super ekstrem ini rencananya akan dipimpin oleh Syamsir Alam, tokoh offroader senior legendaris sekaligus salah satu pendiri Indonesia Off-road Federation (IOF). Dengan prestasinya sebagai juara diberbagai event off-road Nasional dan keahliannya yang langka sebagai pembuat track off-road super ekstrem yang sangat menantang menjadi daya tarik utama peserta mengikuti event IOX 2019 Andalas ini.

Yoyok dan Joel sangat bahagia mengetahui Syamsir Alam bersedia menjadi Tim Leader di event IOX 2019 Andalas ini. "Seluruh peserta sangat antusias ketika mengetahui bahwa Pak Syamsir bersedia menjadi Tim Leader event ini," kata Yoyok.

"Kami sudah bisa membayangkan akan seperti apa beratnya track yang akan kami jalani kalau Pak Syamsir yang membuat tracknya. Dijamin kami akan mati-matian untuk bisa lolos dari track," timpal Joel.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.